Wabup: Ormas Diharapkan Bangun Jiwa Kewirausahaan Anggotanya

Wabup Kukar Edi Damansyah berharap ormas mampu membangun jiwa kewirausahaan bagi anggotanya
Foto: Endi

Organisasi kemasyarakatan yang ada saat ini diharapkan mampu membangun jiwa 'entrepreneurship' atau jiwa kewirausahaan bagi para anggotanya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah.

Pada acara pengukuhan Forum Pekerja Muara Badak (FPMB), Jumat (18/11) malam lalu, Edi mengatakan, saat ini angkatan kerja tak sebanding dengan jumlah kesempatan kerja yang tersedia. "Sehingga perlu diwujudkan generasi muda mandiri yang inovatif dan kreatif dalam menangkap peluang." ucapnya.

Dikatakannya, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, pembangunan Kukar fokus kepada peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang berkompeten, serta transformasi struktur ekonomi daerah dari pengelolaan sumberdaya alam (SDA) yang tidak terbarukan, ke pengelolaan SDA yang terbarukan yaitu pertanian dalam arti luas dan pariwisata.

Oleh karena itu, Wabup menginginkan organisasi kemasyarakatan termasuk FPMB mampu membangun jiwa kewirausahaan, diantaranya yaitu dalam sektor pertanian dalam arti luas, karena seperti diketahui bahwa produksi Migas dan sumberdaya alam tak terbarukan lainnya dapat menurun.

Dilanjutkannya, sektor pertanian dalam arti luas bisa menjadi andalan kedepan dalam pembangunan perekonomian, karena memiliki potensi yang menjanjikan ditengah menurunnya angka rumah tangga petani secara nasional maupun di Kukar. 

Hal tersebut menurut Edi karena pertanian masih dianggap identik dengan lumpur, padahal pertanian sudah ada manjemen dan teknologi.

"Kami liat sendiri ada mantan karyawan perushaan tambang yang kini berhasil lewat pertanian, sehingga profesi ini menjanjikan," demikian ujarnya. (hayru/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top