Diskominfo Kukar Hadirkan Layanan Free Hotspot

13 titik free hotspot yang dikelola Diskominfo Kukar kini bisa dinikmati masyarakat kota Tenggarong
Foto: Dok.Diskominfo Kukar

Sejak 21 Juli 2017, masyarakat kota Tenggarong dan sekitarnya bisa menikmati layanan free hotspot yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar).

"Layanan ini dapat diakses dengan menggunakan 2 cara, yaitu dengan cara login ke hotspot Kukar bagi masyarakat yang telah memiliki user, dan dapat diakses selama 24 jam," ujar Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi, Aji Mohd Decki Ismail.

Dikatakannya, bagi masyarakat yang sudah memiliki user sebelum tahun 2017 diminta untuk melakukan kembali  peremajaan profilnya secara online melalui http://hotspot.kukar:8081/user 

"Bagi yang belum memiliki user dapat mendaftar langsung di kantor Diskominfo Kukar Jalan Pahlawan Nomor 1, Kelurahan Timbau Tenggarong," kata Decki.

Untuk pendaftaran, lanjutnya, cukup dengan menyerahkan foto kopi KTP atau Karpeg bagi PNS dan ID Pers bagi Jurnalis selama hari kerja, dari Senin sampai Kamis pukul 07.30-16.00 wita, dan Jumat pukul 07.30-11.00 Wita.

Sementara layanan tanpa login bagi masyarakat yang belum memiliki user hotspot Kukar, dapat diakses dengan system session time.

"Setiap user hanya bisa mengakses dengan interval waktu 6 jam dari akses pertama, dengan menggunakan perangkat gadget, laptop atau tablet yang sama," ucapnya.

Saat ini, sambung Decki, terpasang 13 titik free hotspot di wilayah Tenggarong dengan jarak 5 kilometer, masing-masing titik memiliki jangkauan (coverage area) hingga radius 200 meter.

"Dan mampu memback up jaringan internet bagi 20 user atau titik hotspot. Layanan free hotspot ini memiliki kecepatan maksimum 512 kbps untuk upload dan download," bebernya.

Ditambahkannya, 13 titik hotspot tersebut dirancang dengan konfigurasi wireless WDS, yaitu coverage tidak terputus antar tiap titik, kecuali di beberapa titik yang lokasinya lebih dari 300 meter coverage agak sedikit terputus atau blankspot.

Namun demikian, layanan free hotspot ini membatasi akses youtube, yang hanya bisa diakses mulai pukul 16.00 wita hingga 07.00 wita.

"Kedepan titik hotspot akan diperluas hingga ke seluruh obyek wisata, sehingga warga atau masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet untuk mencari informasi yang mereka perlukan," jelas Decki. (*) 



13 Titik Free Hotspot Area Tenggarong

  1. Area Depan Kantor Bupati, Jalan Wolter Monginsidi
  2. Area Rais Variasi, Jalan KH Akhmad Muhsin
  3. Area Era Mart, Jalan KH Akhmad Muhsin
  4. Area Salon Riben, Jalan KH Akhmad Muhsin
  5. Area Kodim, Jalan KH Akhmad Muhsin
  6. Area Gapensi, Jalan KH Akhmad Muhsin
  7. Area Sekretariat Gerbang Raja, Jalan KH Akhmad Muhsin
  8. Area Kursus BRI Syariah, Jalan KH Akhmad Muhsin
  9. Area DPP&KB (kantor Dispenda Lama), Jalan KH Akhmad Muhsin (Creative Park)
  10. Area ISBI, Jalan Sudirman
  11. Area Inspektorat, Jalan Diponegoro
  12. Area Kesbangpol, Jalan Diponegoro
  13. Area Monumen Pancasila, Jalan Monumen Timur

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top