Wisudawan Unikarta Diminta Turunkan Trend Negatif Perekonomian Daerah

Rektor Unikarta Dr Sabran saat mewisuda mahasiswa 316 orang wisudawan/wisudawati di gedung PKM 
Foto: Hendro Aldino

Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), menggelar wisuda bagi lulusan program Sarjana (S1), Pasca Sarjana (S2), dan program Diploma III (D3), di gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, 

Rektor Unikarta Dr Sabran SE MSi dalam sambutannya, Sabtu (05/08) lalu, mengatakan, Kampus Ungu (sebutan Unikarta) pada bulan Agustus 2017 ini mewisuda sebanyak 316 orang.

“Untuk wisudawan wisudawati sekolah pasca sarjana sebanyak 4 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 67 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 47 orang, Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan 111 orang,” rincinya. 

Sedangkan Fakultas Agama Islam sebanyak 30 orang, Fakultas Pertanian 26 orang, Fakultas Hukum 19 orang, dan Fakultas Teknik 19 orang.

Sabran berharap, para wisudawan tidak berhenti belajar meski telah lulus dari Unikarta dan terus mengikuti proses pendidikan. “Karena proses pendidikan merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan sepanjang masa,” ujarnya.

Ditegaskannya, wisudawan dan wisudawati adalah harapan semua pihak karena merupakan sumber daya manusia yang ditunggu kehadirannya ditengah masyarakat guna membawa perubahan disemua lini kehidupan.

“Ditengah bangsa dan daerah ini yang sedang membangun disemua sektor kehidupan, apalagi ditengah perekonomian Indonesia yang pada saat ini mengalami turbulensi, tentu sumber daya manusia memberikan peranan yang sangat penting,” kata Sabran.

Selaku Rektor Sabran meminta, gelar sarjana yang disandang dapat memberikan solusi berharga bagi jalan keluar terhadap fenomena dan permasalahan yang dihadapi oleh warga Indonesia.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah yang juga Ketua Ikatan Alumni Unikarta, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap perjuangan yang diraih para wisudawan dan wisudawati.

“Atas nama pemerintah kabupaten, kami turut berbahagia atas keberhasilan wisudawan wisudawati yang kini telah menyandang gelar sarjana, dan telah menempatkan mereka kedalam profil sumber daya manusia yang terdidik,” cetusnya.

Dikatakan Edi, Unikarta merupakan aset pemerintah Kukar dibidang pendidikan dan menjadi salah satu ikon peradaban pengetahuan dibidang pendidikan yang tinggi, dimana pemerintah daerah turut meletakkan harapan.

“Harapan pemerintah Kukar terkhusus kepada akademisi, para dosen dan guru besar, melalui kajian penelitian dan pengabdian sebagaimana tercermin dalam misi Tri Darma perguruan tinggi,” tuturnya.

Bersama Pemerintah kabupaten, sambungnya, para wisudawan juga diminta mampu menurunkan trend negatif perekonomian di daerah ini, serta mengupayakan kesejahteraan masyarakat Kukar.

“Kepada para sarjana lulusan Unikarta, pemerintah daerah berharap pengabdian dan langkah-langkah nyata yang diberikan, untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di masyarakat,” tandas Edi.

Untuk diketahui, wisuda Unikarta kali ini merupakan yang ke-32 bagi lulusan S1, ke-18 untuk lulusan S2, dan ke-23 bagi lulusan D3. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top