Jelang Pilgub Kaltim, Tiga Pilar Patroli Bersepeda Keliling Tenggarong

Plt Bupati, Kapolres, Dandim dan Ketua DPRD Kukar patroli bersepeda pantau situasi kamtibmas
Foto: Endi

Jelang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar turun langsung memantau situasi kota Tenggarong, Selasa (19/06) tadi malam.

Namun yang berbeda, Kapolres mengitari sejumlah ruas jalan dengan bersepeda yang dimulai dari rumah jabatan Plt Bupati Kukar di kawasan Jalan Wolter Monginsidi.

Kapolres bersama Plt Bupati Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, terlebih dahulu menyambangi kantor PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Tenggarong.

"Kita melakukan patroli untuk memastikan keamanan terutama pendistribusian logistik ke PPK yang sekarang sedang dalam tahap pensortiran, kemudian dalam waktu dekat ini akan dikirim ke PPS (Panitia Pemungutan Suara)," terangnya.

Terkait situasi Kamtibmas jelang pemungutan suara pada Rabu (27/06) pekan depan, Kapolres menyatakan jika wilayah hukumnya terpantau kondusif.

"Alhamdulillah dan kita selalu berdoa kepada Allah SWT keamanan di Kutai Kartanegara sampai saat ini masih kondusif. Mudah-mudahan terus berlanjut sampai pemilihan Gubernur Kaltim dan seterusnya, itu yang saya harapkan," ujar Kapolres.

Ia mengatakan, melalui sinergi Tiga Pilar yakni Kapolres, Plt Bupati dan Dandim, akan memperkuat sekaligus sarana edukasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menghadapi agenda kamtibmas tahun 2018-2019.

"Mari kita sama-sama bersinergi, karena saya yakin dengan sinergi elemen masyarakat, pemerintah, kepolisian dan TNI akan menjadi suatu kekuatan yang dahsyat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat," cetusnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dandim 0906/Tenggarong Letkol Czi Bayu Kurniawan, pihaknya memastikan jika TNI selalu bersinergi bersama Polri untuk mewujudkan situasi kamtibmas di Kukar.

"Yang pasti kan di setiap TPS ada Babinsa, kita sinergis saja. Kekuatan personil yang diturunkan sesuai jumlah TPS yang ada," bebernya.

Tiga Pilar saat memantau kesiapan logistik Pilkada di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan Tenggarong
Foto: Endi

Dandim pun menghimbau masyarakat agar pada saat hari pencoblosan dapat menggunakan hak pilih sebagaimana mestinya dan mewaspadai black campaign atau kampanye hitam.

"Jangan terpengaruh lah berita Hoax. Artinya bijak-bijak saja, kalau misal ada WA (Whatsapp) atau SMS mengarah ke sana (black campaign) cukup sampai di handphone saja tidak usah di share," pintanya.

Sementara itu, Plt Bupati Edi Damansyah, menyebutkan, kegiatan patroli menggunakan sepeda dengan menempuh jarak sejauh 5 Km ini dilakukan untuk memotivasi Tiga Pilar Kamtibmas.

"Kita terus melakukan sinergisitas, sehingga tugas-tugas khususnya bersama komponen masyarakat Kutai Kartanegara dalam menjaga keamanan, kondusifitasnya tetap dapat terjaga dengan baik," harapnya.

Dengan sinergi tiga pilar di tingkat kabupaten, kata Edi, pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 diharapkan dapat berjalan aman.

"Ini bagian dari upaya pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara bersama pihak kepolisian dan TNI untuk memastikan bahwa keamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik," tegasnya lagi.

Selaku Plt Bupati, Edi menghimbau partispasi masyarakat Kukar yang telah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pilgub Kaltim untuk menggunakan hak pilihnya, sehingga kualitas demokrasi di kabupaten ini semakin meningkat.

"Karena Kutai Kartanegara tiga tahun berturut-turut meraih panji pembangunan demokrasi yang diberikan oleh pemerintah provinsi Kalimatan Timur, salah satu indikatornya adalah partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," tandasnya.

Turut serta dalam patroli bersepeda ini  Pejabat Utama (PJU) serta sejumlah personil Polres Kukar dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar. 

Selain menyambangi kantor PPK Tenggarong, giat patroli Tiga Pilar dilanjutkan dengan mendatangi Pos Sisklamling RT 10, Kelurahan Panji. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top