Kebakaran di Anggana Hanguskan 35 Rumah, Kerugian Milyaran Rupiah

Pasca api dipadamkan, warga sekitar kawasan Sungai Mariam berkumpul di lokasi kejadian kebakaran
Foto: Istimewa

Kebakaran di desa Sungai Mariam RT 13 dan 14, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar) pada Minggu (15/07) dini hari kemarin, mengakibatkan sejumlah warga kehilangan rumah serta harta benda.

Diberitakan sebelumnya kebakaran yang melanda kawasan pemukiman padat penduduk di bantaran sungai Mahakam ini menyebabkan 15 unit rumah hangus terbakar, sementara 6 lainnya terbakar dibagian dinding.

Namun dari data terakhir dilapangan, diketahui ada 35 unit bangunan termasuk rumah kontrakan 15 pintu hangus terbakar, lainnya mengalami kerusakan sebagian. 

"Sedangkan 41 kepala keluarga atau 138 jiwa yang terdiri dari 65 laki-laki, 73 perempuan dan 16 balita harus kehilangan tempat tinggal dan mengungsi di masjid setempat," ujar Kapolsek Anggana IPTU Baharuddin.

Meski tidak ada korban jiwa, kata Kapolsek, namun  kerugian materil ditaksir mencapai hingga Rp 5 Milyar, terlebih salah satu bangunan yang terbakar merupakan gudang tempat usaha kepiting dan udang.

"Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, api diperkirakan berasal dari lantai dua rumah milik salah satu warga bernama Hj Tora. Diduga kejadian ini akibat korsleting atau hubungan arus pendek listrik," ucap IPTU Baharuddin.

Peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 02.00 Wita. Warga sekitar yang mengetahui kejadian terpaksa melakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya, namun api dengan cepat menyambar rumah warga yang rata-rata terbuat dari kayu.

"Selain BPBD Kecamatan Anggana, pemadaman juga dibantu unit PMK dari kota Samarinda, Balakar, relawan, serta warga. Api baru dapat dipadamkan sekitar dua 2,5 jam kemudian dan pendinginan dilakukan hingga pukul 04.50 Wita," jelasnya.

IPTU Baharuddin sendiri didampingi Pengurus Bhayangkari Anggana pada Senin (16/07) pukul 09.00 Wita tadi pagi, menyerahkan bantuan sembako ke Posko Kebakaran di Masjid Siroju Tholibin yang diterima oleh Kepala Desa Sungai Mariam. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top