Tanpa Kehadiran Negara Martinik, Delegasi EIFAF 2018 Mulai Tiba

Partisipan EIFAF 2018 mancanegara didampingi Liaison officer tiba bandara Sultan Sulaiman Balikpapan
Foto: Istimewa

Delegasi kesenian mancanegara peserta Erau Adat Kutai 6th International Folk Art Festival (EIFAF) 2018, dipastikan tidak akan dihadiri partisipan dari Martinik yang merupakan negara pulau berstatus wilayah seberang lautan (DOM) Perancis di laut Karibia bagian timur. 

"Mestinya tahun ini ada 7 negara, tapi delegasi dari Martinik belum memberikan konfirmasi flight number, sehingga oleh CIOFF dibatalkan. Jadi hanya ada 6 negara," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni, Rabu (18/07).

Dengan demikian, delegasi kesenian mancanegara yang dipastikan hadir minus negara Martinik yakni Turki, Polandia, Rumania, India, Meksiko dan Hongaria.

"Diantara keenam negara partisipan tersebut, lima diantaranya pernah tampil sebelumnya di pagelaran EIFAF, tetapi mereka datang lagi dengan grup yang berbeda," ujar Sri.

Dikatakannya, delegasi masing-masing negara mulai tiba di bandara Internasional Sultan Sulaiman Sepinggan Balikpapan hari ini, Jumat (20/07), dan akan didampingi oleh Liaison officer (LO) yang ditunjuk Dinas Pariwisata Kukar.

"Negara Polandia pagi tadi sudah tiba di Tenggarong. Sedangkan total personil dari enam negara berjumlah 136 orang. Jumlahnya bervariasi, delegasi paling sedikit 18 orang dan paling banyak 25 orang. Kemudian pada Sabtu (21/07) besok, seluruh partisipan akan mengikuti Kirab Budaya Internasional," jelas Sri.

Selama EIFAF berlangsung, setiap negara akan menampilkan pagelaran kesenian rakyat internasional di tiga lokasi yang ada di kota Raja Tenggarong.

"Festival kesenian rakyat internasional ke-6 akan berlangsung di panggung lapangan basket depan PLN Timbau, lalu di panggung Erau Expo Stadion Rondong Demang, dan Street Performance di Pulau Kumala," sambungnya.

Ditambahkan Sri, masing-masing delegasi kesenian mancanegara setiap malamnya akan menghadiri prosesi adat Bepelas di Keraton (Museum Mulawarman) yang digelar oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top