Edi Damansyah: Ibadah Qurban Mengandung Dimensi Spiritual dan Sosial

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan sambutan pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1439 H
Foto: Fairuz

Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, mengajak seluruh umat muslim agar selalu mengikuti jejak keteladanan Nabi Ibrahim dalam hal semangat, kesungguhan, kesabaran serta pengorbanannya.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan sesaat sebelum sholat Idul Adha digelar di lapangan parkir stadion Rondong Demang, Tenggarong, Rabu (22/08) pagi tadi. Edi pun mengajak umat muslim bersama-sama mengambil hikmah terbaik yang terkandung dalam pelaksanaan Idul Adha 1439 H.

"Perintah dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT harus kita laksanakan dengan kesungguhan hati, ikhlas dan khusyuk dalam mengerjakannya," ucapnya.

Tak lupa Edi mengajak para orang tua membentuk generasi sholeh dan sholehah. Berupaya mewujudkan pribadi anak yang agamis, kuat kepahaman agamanya, berakhlak mulia serta memiliki kemandirian 

"Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW dengan memiliki anak yang berbakti kepada orang tua, bangsa dan negara," katanya dihadapan ribuan jamaah sholat Ied.

Dikatakan Edi lagi, dari dimensi spiritual makna Idul Adha menunjukkan bagaimana pelaksanaan qurban semata-mata karena memenuhi perintah Allah dan Rasulnya seperti halnya yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim saat diperintahkan menyembelih putranya Ismail As.

"Ibadah qurban juga berdimensi sosial, karena daging qurban yang dibagikan dapat menjadi perekat antara si kaya dan si miskin. Oleh karena itu berqurban hakekatnya membina persaudaraan, mengamalkan nilai-nilai kepekaan dan kepedulian sosal diantara kita," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top