HUT Ke-38, Satpam Harus Mampu Mendeteksi Potensi Kerawanan

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar menyerahkan piala pada HUT Satpam ke-38 di Tenggarong
Foto: Dok. Humas Polres Kukar

Kehadiran Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai Mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, Satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

"Dengan demikian eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan dilingkungan tugasnya masing-masing," ujar Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian pada upacara HUT Satpam ke-38, Minggu (30/12/2018) di halaman Mako Polres Kukar.

Dilanjutkannya, untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sumber daya manusia yang optimal. Diantaranya, proses perekrutan yang selektif serta peningkatan kapasitas yang berkualitas baik pada Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama.

"Upaya ini membutuhkan kerjasama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security," kata Kapolres.

Gabungan security perusahaan dan Bank pada HUT Satpam ke-38 di Mako Polres Kukar
Foto: Dok. Humas Polres Kukar

HUT Satpam tahun ini mengusung tema "Peningkatan Kompetensi Kualifikasi dan Sertifikasi Menyongsong Era Digitalisasi 4.0, Serta Membudayakan Keamanan Untuk Keselamatan Kerja Dalam Rangka Pemuliaan Profesi Satuan Pengamanan Indonesia.

Peserta upacara berasal dari jajaran Polres Kukar di berbagai Satuan, Polsus Lapas Kelas II B Tenggarong, personel Satpol PP, Dishub, Senkom, serta gabungan security perusahaan dan Bank Se-Kukar.

Selain Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria, hadir dalam upacara tersebut Pj Sekda Kukar HM Sukhrawardy S, Kalapas Kelas II B Tenggarong Didik Heru Sukoco, Camat Tenggarong Janhariansyah, serta masing-masing perwakilan dari Pengadilan Negeri, Kesbangpol dan manajemen perusahaan se Kukar. 

Upacara dirangkai pula dengan penyerahan hadiah dan piala kepada pemenang perlombaan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Satpam ke - 38 tahun 2018 serta dilaksanakan peragaan senam borgol, tonfa dan pencak silat oleh perwakilan Satuan Pengamanan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top