Sunggono Ungkapkan Rencana Pemkab Bangun TPA Baru

Sekda Kukar Sunggono menyebutkan Pemkab berencana membangun TPA baru di beberapa kecamatan
Foto: Endi

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bekotok, kelurahan Loa Ipuh, kecamatan Tenggarong, saat ini mengelola 180 ribu ton sampah perhari.

"TPA Bekotok itu secara teknis memang sudah tidak layak lagi, karena sudah overload kemampuannya untuk mengelola sampah yang ada di kota Tenggarong dan sekitarnya," kata Sekda Kukar Sunggono usai meninjau Bank Sampah Sehat di kawasan kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin (11/03/2019).

Pemkab Kukar tengah berupaya untuk membangun TPA baru yang rencananya akan dibangun di perbatasan Tenggarong dan Samarinda.

"Kita rencanakan bekerja sama dengan pemerintah kota Samarinda. Mudah-mudahan itu nanti bisa memenuhi kebutuhan akan TPA yang ada di Tenggarong maupun Samarinda," ujarnya.

Menurut Sunggono, dibutuhkan koordinasi dengan pemerintah kota Samarinda dan perusahaan yang memiliki lahan termasuk pemerintah pusat untuk membangun TPA secara bersama.

"Sehingga nantinya hal-hal yang bersifat teknis yang selama ini mungkin menjadi masalah di pengelolaan sampah di Kutai Kartanegara bisa kita penuhi," harap Sunggono.

Rencananya, akan ada sejumlah TPA yang dibangun di wilayah Kukar, yakni di kecamatan  Tenggarong Seberang, Loa Janan dan Muara Badak.

"Sebenarnya juga ada di Samboja, tapi kan semuanya dalam tahap perencanaan dan proses menuju ke arah bagaimana TPA itu bisa dibangun secara ideal," ucapnya.

Ditambahkan Sunggono, untuk membangun sebuah TPA juga dibutuhkan kajian yang sangat luas. "Dan harus ada kesepahaman dengan semua pihak," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top