Bupati Edi Damansyah Lantik Kades Terpilih Dari 108 Desa di Tiga Tempat

Suasana pelantikan Kades dari 49 desa di BPU Desa Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang
(Foto: Ahmad Rianto)

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa (Kades) terpilih dari 108 desa hasil Pilkades serentak 2019 oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Jumat (06/12), berlangsung di tiga tempat.

Pelantikan pertama bertempat di BPU Desa Liang, Kecamatan Kota Bangun. Ada 40 Kepala Desa dari 6 kecamatan, meliputi Kota Bangun (8 Desa), Tabang (12 Desa), Kembang Janggut (4 Desa), Kenohan (5 Desa), Muara Muntai (9 Desa) dan Muara Wis (2 Desa).

Pelantikan kedua di BPU Desa Manunggal Jaya, kecamatan Tenggarong Seberang. 49 Kepala Desa dari 7 kecamatan dilantik Bupati, yaitu kecamatan Tenggarong Seberang (14 Desa), Muara Kaman (6 Desa), Sebulu (9 Desa), Tenggarong (1 Desa), Loa Kulu (9 Desa), Loa Janan (7 Desa) dan Samboja (3 Desa).

Sedangkan pelantikan ketiga berlangsung malam hari di halaman kantor desa Semangko, kecamatan Marangkayu. Ada 19 Kepala Desa dari 3 kecamatan yang dilantik, yakni Marang Kayu (7 Desa), Muara Badak (7 Desa) dan Anggana (5 Desa).

Pelantika 19 Kades terpilih di halaman kantor desa Semangko, kecamatan Marangkayu
(Foto: Ahmad Rianto)

Pelantikan di tiga tempat tersebut dilaksanakan dalam 1 hari dengan disaksikan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kukar, unsur Forkopimda, Muspika dari masing-masing kecamatan, serta masyarakat setempat.

Secara umum Edi Damansyah meminta seluruh Kades yang telah dilantik untuk melakukan inovasi dan kajian sesuai potensi daerah di masing-masing desa.

"Bina kerukunan dan evaluasi penyelenggaraan pembangunan yang terintegrasi RPJMD Pemkab Kukar. Bekerja lebih cepat, tepat arah dan tepat sasaran. Pemkab mendukung dengan kemampuan fiskal yang bisa meningkat sesuai prestasi pembangunan," cetusnya. 

Untuk diketahui, dari daftar 108 Kades terpilih, hanya 107 orang yang dilantik,  1 Kades dari desa Teratak, kecamatan Muara Kaman, Fadlan (48), meninggal dunia sehari sebelum pelantikan. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top