Pemeriksaan Kesehatan Tahap Kedua Calhaj Dipusatkan di Tenggarong

Petugas puskesmas Rapak Mahang melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua para calhaj
(Foto: Kemenag Kukar)

Pemeriksaan kesehatan haji tahap kedua dan vaksinasi jamaah kuota 1441 H/2020 M calon jamaah haji (calhaj) Kutai Kartanegara (Kukar), berlangsung di puskesmas Rapak Mahang, kelurahan Timbau, Tenggarong, Senin (24/02).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar Samudi meninjau langsung pemeriksaan kesehatan para calhaj didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H Saifullah.

"Pemeriksaan kesehatan tahap kedua dan vaksinasi jamah kuota haji 2020 ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat yang dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan Kukar pada 13 Februari lalu," terang Samudi.

Kasi PHU Kemenag Kukar H Saifullah menyebutkan, hari pertama pemeriksaan kesehatan diikuti calon jamaah dari kecamatan Tenggarong Seberang (21 orang), Muara Kaman (17 orang), Sebulu (14 orang), Loa Kulu (34 orang) dan Loa Janan (61 orang).

Kepala kantor Kemenag Kukar Samudi berbincang dengan salah satu calon jamaah haji
(Foto: Kemenag Kukar)

Sementara pada Selasa (25/02), pemeriksaan kesehatan untuk calon jamaah dari kecamatan Kenohan (11 orang), Tabang (1 orang), Muara Muntai (62 orang), Kota Bangun (46 orang), serta Kembang Janggut (4 orang).

"Sedangkan Rabu (26/02) untuk calon jamaah dari kecamatan Muara Jawa (45 orang), Samboja (36 orang), Sanga-Sanga (5 orang), Anggana (5 orang), Marangkayu (4 orang), dan Muara Badak (34 orang)," sambung Saifullah.

Bagi calon jamaah asal kecamatan Tenggarong akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Kamis (27/02) sebanyak 100 orang, dan Jumat (28/02) sebanyak 59 orang. 

"Proses ini untuk menentukan status Istitha'ah bagi jamaah yang berangkat tahun 2020, dan Istitha'ah ini adalah dalam rangka untuk bisa dan tidaknya jamaah haji melunasi BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji)," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top