Sosialisasi dan Bimbingan Manasik Haji 2020 di Kukar Resmi Dibuka

Sosialisasi dan bimbingan manasik haji 1441 H di masjid Jami Hasanuddin Tenggarong
(Foto: Endi)

Sosialiasi dan bimbingan manasik haji sepanjang masa tahun 1441 H/ 2020 M di kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), resmi dimulai hari ini, Sabtu (29/02) di masjid Jami Hasanuddin, Tenggarong.


Bimbingan manasik haji ini diikuti 335 calon jamaah haji (calhaj) dari kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Loa Kulu, Loa Janan, dan Anggana.

Materi yang disampaikan yaitu terkait kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) dalam pembinaan jamaah haji, kemudian proses administrasi dan perjalanan haji, serta kebijakan Kementerian Kesehatan dalam Istithaah kesehatan jamaah haji.

"Tahun ini ada kebijakan-kebijakan pelayanan termasuk hotel, transportasi, dan konsumsi. Alhamdulillah tahun ini untuk pelayanan konsumsi full diberikan," beber Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kukar H Saifullah,

Para calon jamaah haji dari 6 kecamatan mendengarkan materi yang disampaikan narasumber
(Foto: Kemenag Kukar)

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kukar Samudi mengingatkan kepada para calhaj agar setibanya di tanah suci lebih mengutamakan mengerjakan ibadah wajib disamping ibadah sunnah.

"Tertib beribadah, jaga kesehatan dan jaga istirahat, perhatikan kondisi kita masing-masing," ujarnya.

Kabag Kesra Setkab Kukar H Suprianto saat membuka bimbingan manasik secara resmi, meminta seluruh calhaj berdoa agar Kukar selalu dalam kondisi aman.

"Atas nama pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji. Mudah-mudahan Bapak/Ibu menjadi tamu Allah yang dimuliakan dan diberikan kesehatan sehingga mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dan pulang mendapat predikat haji mabrur," ucapnya.

Sosialisasi dan bimbingan manasik haji sepanjang masa ini menggunakan sistem zona wilayah kecamatan, untuk 12 kecamatan lainnya akan digelar hingga 8 Maret mendatang. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top