Yuli Himbau Kontak Erat 10 Orang Positif Corona Segera Melaporkan Diri

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kukar dr Martina Yulianti
(Foto: Endi)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) menghimbau kepada kontak erat 10 orang yang dinyatakan positif corona pada Sabtu (02/05) agar segera melaporkan diri.


"Kepada seluruh kontak erat dari semua yang disebut terkonfirmasi positif corona maupun yang dinyatakan reaktif dari hasil rapid test, agar segera melaporkan diri," tegas juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kukar Martina Yulianti.

Perempuan yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kukar ini menyampaikan hal itu saat mendampingi Bupati Edi Damansyah dan Sekda Sunggono dalam video conference bersama awak media.

"Dan bagi yang telah diidentifikasi, agar menuruti himbauan pemerintah untuk dilakukan karantina secara ketat, karena kita tidak tahu apakah anda berpotensi menularkan atau tidak sebelum benar-benar melewati masa yang telah ditetapkan," ujar Yuli sapaan akrabnya.

Ia menegaskan lagi, meski sudah melebihi masa 14 hari dari kontak erat, namun PCR (Polymerase Chain Reaction) bisa menunjukkan hasil positif.

"Artinya virus masih berada dalam tubuh yang bersangkutan dan dapat menularkan," bebernya.

Ditambahkannya, saat ini telah terjadi transmisi lokal di Kukar, pihaknya juga tengah menunggu hasil PCR sejumlah warga di kecamatan Tenggarong, Anggana dan Kenohan.

"Jika dari keluarga terdekat yang rapid test nya positif itu ternyata hasil PCR nya juga positif, maka kondisi ini adalah terjadi transmisi lokal di beberapa kecamatan," kata Yuli.

Mengingat terbatasnya fasilitas pelayanan kesehatan di kecamatan-kecamatan, maka jika terjadi lonjakan kasus akan sangat menyulitkan petugas medis di kecamatan tersebut.

"Oleh karena itu saya minta kepada seluruh masyarakat agar mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara," tandasnya. (end)

3 comments:

  1. Siapa aja yg positif, siapa tau aku kontak

    BalasHapus
  2. Mengingat bxk yg susah diatur ada baik identitasnya dipublikasikan agar yg lain bisa menghindari..itulah akibat dri orang yg mau dihormati tpi tdk bisa menghormati...

    BalasHapus
  3. saya dari separi 1,adakah disekitar sini

    BalasHapus


Top