DP2PA Kukar Beri Pelatihan Pendampingan Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

Pelatihan pendampingan Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus di Hotel Grand Elty Tenggarong
(Foto: Endi)


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan pelatihan pendampingan kepada Forum Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (FPABK).di Batara Room, Hotel Grand Elty Tenggarong, Senin (23/11/2020) pagi.

Kasi Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan Bidang Pemenuhan Hak Anak DP2PA Kukar Titik Maisyaroh mengatakan, pemateri berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur serta Dinas Kesehatan Kukar.

Sedangkan peserta pelatihan merupakan anggota FPABK yang telah terbentuk di 6 kecamatan yakni Tenggarong, Sebulu, Muara Kaman, Kota Bangun, Tabang, serta Muara Jawa dan Anggana.

"Termasuk dari beberapa kecamatan yang Insya Allah tahun depan akan terbentuk FPABK. Jadi hari ini pesertanya ada 9 kecamatan ditambah dari satuan pendidikan SMA/SMK dan orang tua penyandang disabilitas, seluruhnya ada sekitar 28 orang," terang Titik.

Ia mengungkapkan, program pembentukan FPABK sudah sejak tahun 2015 dan direncanakan akan dibentuk di 18 kecamatan Se-Kukar.

"FPABK terbentuk dari sumber daya yang ada di masyarakat, dengan harapan dapat memberdayakan pemenuhan hak anak khususnya penyandang disabilitas," ujarnya.

Lanjut Titik, tak ada syarat khusus untuk membentuk FPABK, sumber dayanya bisa berasal dari lembaga masyarakat, dunia usaha, tokoh masyarakat, tokoh adat, tenaga pendidik maupun tenaga kesehatan.

"Sumber daya masyarakat ini semua lintas, jadi mereka membentuk forum untuk kedepannya memberikan pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus," demikian jelasnya. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top