Penangkaran Rusa di Loa Ipuh Darat Akan Dijadikan Tempat Wisata

Lurah Loa Ipuh Darat AR Ambo Dalle (kiri) saat meninjau penangkaran rusa milik PT MHU
(Foto: Istimewa)

PT Multi Harapan Utama (MHU) memiliki penangkaran rusa yang berlokasi di Bukit Raya, KM 19, Kelurahan Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Jumlah rusa didalam penangkaran ini sebanyak 9 ekor dengan luas kandang utama 2.500 meter persegi dan kandang karantina 32 meter persegi.

Rencananya penangkaran rusa tersebut akan diserahkan untuk dikelola masyarakat seiring berakhirnya ijin operasi PT MHU pada tahun 2021-2022. Badan Ekonomi Kelurahan (BUEKEL) Loa Ipuh Darat pun telah menjalin komunikasi terkait hal itu.

"Informasi dari Direktur BUEKEL Loa Ipuh Darat bahwa surat permohonannya sudah masuk dan tinggal menunggu. Jadi rencananya ini kita akan jadikan tempat wisata seperti di daerah lain," ujar Lurah Loa Ipuh Darat AR Ambo Dalle, Sabtu (28/11/2020).

Taman Arboretum Busang merupakan kawasan reklamasi dan pasca tambang PT MHU
(Foto: Istimewa)

1 KM dari penangkaran rusa terdapat taman Arboretum Busang yang merupakan kawasan reklamasi dan pasca tambang PT MHU. Didalamnya terdapat biodiversitas tanaman bawah, biodiversitas avifauna dan biodiversitas herpetofauna (amfibi dan reftil). Taman ini juga diusulkan untuk diserahkan ke masyarakat.

"Supaya ada hutan pendidikan di Kutai Kartanegara, tinggal nanti kita menambah infrastruktur, misal memperlebar jalan masuk atau membuat jalur sepeda. Hutan ini luar biasa kalau pelajar atau mahasiswa mau belajar tentang kehutanan," bebernya.

Dikatakan Ambo, dengan berbagai potensi yang dimiliki Kelurahan Loa Ipuh Darat, ia menaruh harapan besar kepada Pemkab Kukar.

"Kita berharap kepada pemerintah daerah baik di kabupaten maupun provinsi untuk membantu dalam hal infra struktur. Karena banyak potensi dari kelurahan Loa Ipuh Darat yang dulunya mungkin masih dianggap pinggiran," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top