Jelang Malam Pergantian Tahun Baru 2021, Ini Imbauan Kasatpol PP Kukar

Kasatpol PP Kukar Fida Hurasani sampaikan himbauan jelang malam pergantian tahun baru 2021
(Foto: Endi)

Untuk mencegah laju penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kutai Kartanegara (Kukar) Fida Hurasani menghimbau masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian tahun 2021.

Himbauan tersebut bukan tanpa alasan, apalagi kini jembatan Kartanegara telah dipercantik dengan lampu tematik dan diperkirakan akan menjadi salah satu daya tarik yang didatangi warga pada malam menjelang tahun baru.

"Larangan untuk tidak melakukan kegiatan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak itu tetap berlaku, tetapi untuk bersantai kita tidak bisa melarang," kata pria yang ditunjuk sebagai Koordinator Bidang V Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar.

Namun ia menyarankan masyarakat yang ingin menyambut malam tahun baru di masa pandemi cukup dilakukan bersama keluarga tanpa harus keluar rumah.

"Tapi kalau memang ingin menyaksikan keindahan panorama di jembatan Kartanegara sebaiknya tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan," imbau Fida.

Nantinya pada malam jelang pergantian tahun, Satpol PP Kukar bersama TNI-Polri akan melakukan sosialisasi berupa himbauan kepada warga masyarakat agar tetap mewaspadai penyebaran wabah corona.

"Sesuai dari petunjuk pimpinan diatas, tidak ada rekomendasi, tidak ada perijinan yang dikeluarkan untuk kegiatan dalam rangka menyambut malam tahun baru," tegasnya.

Diharapkannya, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dengan cara memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan.

"Sekali lagi bersantai tidak dilarang, tetapi ingat bahaya pandemi COVID-19 ini masih berlangsung. Kita hanya meminta tingkatkan kewaspadaan, jangan anggap ini remeh dan enteng karena korban terus berjatuhan," cetus Fida. 

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar pada 28 Desember 2020, total jumlah positif COVID-19 di Kukar sudah menembus 4.802 kasus, dengan rincian 4.074 dinyatakan sembuh, 633 dirawat dan 95 orang meninggal dunia. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top