HUT Ke-17 Diperingati Sederhana, Tagana Kukar Siap Bersinergi

Peringatan hari jadi Tagana ke 17 di Kukar berlangsung di Monumen Pancasila Tenggarong
(Foto: Endi)

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-17 di Kutai Kartanegara (Kukar) digelar di Monumen Pancasila, Tenggarong, Jumat (26/03/2021).

Dipimpin Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kukar, Abidin, acara berlangsung secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Selain pemotongan tumpeng, juga dilaksanakan kerja bakti membersihkan sampah di sekitar kawasan Monumen Pancasila.


Atas nama pemerintah daerah, Sekretaris Dinsos Kukar Abidin menyampaikan apreasiasinya kepada relawan Tagana yang selama ini eksistensinya telah dirasakan oleh masyarakat.

"Dengan peringatan ini, mudah-mudahan bisa menjadi motivasi dan semangat para relawan kita, karena relawan itu lebih didominasi oleh hati nurani dalam rangka membantu yang bernuansa kemanusiaan," ujarnya.

Ia berharap, momentum peringatan hari jadi Tagana ke-17 dapat memacu semangat para relawan untuk mengabdi kepada negeri demi kemanusiaan. Pihaknya pun terus memberikan dukungan dengan memfasilitasi kegiatan Tagana Kukar meski belum optimal lantaran terbentur persoalan anggaran.

"Tahun ini kita menganggarkan untuk kegiatan Tagana, bentuknya nanti akan dijabarkan melalui Seksi dan PPTK. Insya Allah tahun 2021 ini ada, meskipun nilai nominalnya belum begitu besar tetapi aspek manfaatnya bisa dirasakan," kata Abidin.

Sebagaimana disampaikan Ketua Tagana Kukar Supiyatemi, para relawan akan terus bersinergi bersama pemerintah daerah.

"Kami akan terus membantu bersinergi dengan OPD - OPD lainnya dan kami selalu siap siaga dalam bencana apapun terutama pandemi COVID-19 yang belum mereda ini," ucapnya.

Diharapkan seluruh relawan Tagana yang ada di kecamatan-kecamatan Se-Kukar dapat terus maju seiring bertambahnya usia organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial ini.

"Mari kita tetap maju, tetap eksis, seperti semboyan kita yaitu One Rule (Satu Aturan), One Command (Satu Komando) dan One Corps (Satu Korsa)," cetus Supiyatemi. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top