Lapas Kelas IIA Tenggarong Beri Pelatihan Pembuatan Roti Ke Warga Binaan

Sebanyak 12 warga binaan Lapas Kelas IIA Tenggarong mengikuti pelatihan membuat Roti O
(Foto: Rini)

10 Pelatihan Digelar Hingga Juni 2021

Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tenggarong mendapat kesempatan mengikuti pelatihan pembinaan kemandirian pembuatan Roti O yang dimulai pada Senin (15/03/2021).

Dikatakan Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Tenggarong, Jumari, pelatihan ini akan berlangsung hingga 19 Maret nanti dengan menggandeng mitra kerjasama LPK Berkat Karya.

Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan tersebut dimaksudkan agar warga binaan mendapatkan bekal ilmu yang bermanfaat.

"Harapan kami, kelak dia (warga binaan, red) bebas dari Lapas ini bisa bekerja di masyarakat sebagai manusia yang mandiri dan terampil," ujarnya.

Sebelumnya pada 8-13 Maret, Lapas Kelas IIA Tenggarong memberikan pelatihan Barista kopi yang merupakan latihan perdana bagi warga binaan.

"Ini memang sudah kita rencanakan sesuai dengan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan kebetulan dalam tahun ini kita mendapatkan 10 pelatihan," beber Jumari.

Pemberian pelatihan di Lapas Kelas IIA Tenggarong diagendakan hingga Juni mendatang dengan melibatkan 7 mitra kerja. Nantinya warga binaan juga akan diberikan pelatihan barbershop, mebeller, pembuatan pakan ikan, menjahit, desain grafis dan sablon digital.

"Masing-masing kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari pukul 08.00-15.00 Wita," sambungnya.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Lapas, total warga binaan yang diikutsertakan dalam 10 kegiatan pelatihan sebanyak 120 orang.

"Harapan kami bisa ikut semuanya (pelatihan, red), karena kan kita mengacu pada anggaran yang ada yaitu DIPA kegiatan, disebutkan juga ketentuan disitu dalam 1 pelatihan itu pesertanya 12 orang," demikian jelas Jumari. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top