Lantik Kepala Desa Terpilih Periode 2022-2028, Ini Pesan Bupati Kukar

Penandatanganan fakta integritas oleh Kepala Desa terpilih disaksikan Bupati Kukar Edi Damansyah
(Foto: Istimewa)

Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2022-2028 di wilayah kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dilantik, Kamis (27/10/2022) pagi.

Pengucapan sumpah jabatan sekaligus pelantikan Kades dari 18 kecamatan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang.

Usai penandatanganan berita acara pelantikan serta pembacaan fakta integritas yang disaksikan unsur Forkopimda, para Kepala OPD, Camat, dan undangan, Edi menyampaikan sejumlah pesan kepada Kades terpilih.

"Para Kepala Desa lakukan langkah cepat dan taktis, lakukan evaluasi yang baik, karena dalam kurun waktu 2 bulan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, pertanggungjawaban APBDesa itu berada di pundak Bapak/Ibu sekalian," ujarnya.

Ia berharap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan khususnya di tingkat desa sudah ditetapkan peraturan perundang-undangannya, serta dipedomani dengan baik.

"Tahan diri dengan baik, jangan terlalu emosional di dalam mengambil keputusan khususnya yang berkaitan dengan perangkat-perangkat desa dan juga pada pelaksana yang melaksanakan tugas di Badan Usaha Milik Desa (BumDes)" pinta Edi.

Orang nomor satu di Kukar ini turut memuji sejumlah BumDes di Kukar yang memiliki prestasi tidak hanya di tingkat lokal Kaltim, bahkan mencapai prestasi di Top 45 Nasional.

"Bukan gampang mencapai hal ini, karena ini adalah kerja keras teman-teman yang ada di desa. Jadi jangan sampai seperti Pilkades 2019 yang lalu, setelah dilantik, 1 bulan kemudian habis dirombak semua perangkatnya, sehingga BumDes-nya mati suri," singgungya.

Dia mengigatkan, perhelatan pesta demokrasi tingkat desa telah usai dan meminta agar para Kades tidak bekerja secara sendiri.

"Yang sangat penting nanti bagaimana kolaborasi dengan para pemangku kepentingan dan warga khususnya masyaralat desa di wilayah masing-masing," tegas Edi.

Atas nama Pemkab Kukar dan secara pribadi, dirinya menyampaikan ucapan selamat kepada Kades terpilih yang akan segera menjalankan tugas dan amanah dari masyarakat.

"Semoga tugas-tugas ini memberikan manfaat kepada masyarakat di wilayah desa masing-masing," tutupnya. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top