Resmi Dibuka, MTQ Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar Digelar Hingga 2 Desember 2022

Pemukulan beduk menandai pembukaan MTQ ke-43 tingkat kabupaten Kutai Kartanegara di Loa Kulu
(Dok. Prokom Kukar/Lina)

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-43 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi dibuka pada Minggu (27/11/2022) malam, di Kecamatan Loa Kulu.

Pembukaan sekaligus penyelenggaraan lomba MTQ yang berlangsung di lapangan sepak bola Loa Kulu ini diawali dengan defile Kafilah dari 18 kecamatan Se-Kukar.

Camat Loa Kulu Ardiansyah dalam laporannya menyebutkan, ada 1.299 peserta lomba MTQ yang berlangsung dari 26 November hingga 2 Desember 2022, terdiri dari kafilah kecamatan Muara Badak (79 orang),  kafilah Sebulu (80 orang), Loa Janan (80), Muara Wis (66 orang), dan Kota Bangun (66 orang), Muara Muntai (80 orang), Kenohan (64 orang), Kembang Janggut (74 orang), dan Tabang (56 orang).

Kemudian Tenggarong (80 orang), Muara Kaman (65 orang), Loa Kulu (74 orang), Anggana (75 orang), Samboja (80 orang), Muara Jawa 77 orang,  Sanga-Sanga (80 orang), Tenggarong Seberang (55 oraang), Marangkayu (68 orang).

Dalam perhelatan MTQ ini terdapat 10 arena perlombaan dengan 10 cabang pertandingan, sementara untuk pemondokan berjumlah 46.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar menyampaikan, MTQ ke-43 akan menyelenggarakan lomba dengan cabang Tilawah golongan dewasa, remaja dan cacat netra. Lalu Tilawah anak-anak dan Tartil, Hifzil Qur'an Jus 1,5 dan 10, Tahfiz Qur'an Juz 20. 30, dan Tafsir.

"Cabang Qiraat dan Murotal, cabang Fahmil Qur'an, cabang Syarhil Qur'an,cabang Khattil Qur'an, cabang karya tulis ilmiah Al Qur'an, dan terakhir cabang Tahfiz Hadist," rincinya.

Dalam kesempatan itu, ia mengapresiasi Pemkab dan DPRD Kukar atas kepedulian yang sangat besar sehingga pembinaan LPTQ terus dilaksanakan, termasuk kebijakan anggaran sehingga pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten terus dapat dilaksanakan.

"Hasil dari pembinaan yang dilakukan terus menerus oleh para guru, asatidz, LPTQ kecamatan, LPTQ kabupaten telah menunjukkan hasilnya, Kukar telah berhasil mempertahankan juara umum MTQ tingkat provinsi yang ke-5 kalinya. Harapannya semoga nantinya Kukar mampu mempertahankan gelar juara umum ke-6 kalinya," sambung Nasrun.

Atas nama pemerintah daerah. Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan apresiasi kepada Ketua LPTQ Kukar dan jajaran serta seluruh panitia pelaksana MTQ ke-43.

"Pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara menegaskan bahwa program yang berkaitan dengan pengembangan Tilawatil Qur'an, program 1 Desa 1 Hafiz Qur'an, dan kegiatan yang dilakukan melalui LPTQ baik tingkat kabupaten, tingkat kecamatan itu adalah bagian bentuk penguatan yang kami lakukan di pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.

Dia mengingatkan, MTQ kali ini juga sebagai ajang mempersiapkan kafilah Kukar pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kaltim di Balikpapan, karenanya LPTQ kabupaten Kukar diminta agar setelah pelaksanaan MTQ ini segera melakukan langkah-langkah pembinaan dan pelatihan serta persiapan agar Kukar dapat mempertahankan kembali gelar juara umum.

"Sebagai bentuk apresiasi kami di pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara, secara khusus didalam pelaksanaan MTQ ke-43 ini selain apresiasi yang sudah dipersiapkan oleh panitia melalui LPTQ Kukar, kami juga berikan nanti kepada putar putri peserta MTQ ini yang meraih juara tingkat satu di semua cabang lomba akan kita berikan beasiswa Kukar Idaman selama 8 semester dimanapun anak-anakku ingin melanjutkan pendidikannya," tandasnya.

Seremoni pembukaan MTQ ke-43 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Edi Damansyah, didampingi Wakil Bupati Rendi Solhin, Sekda Kukar Sunggono, Sultan Kutai ke-21 Adji Muhammad Arifin, Ketua MUI Kukar, serta Sekretaris LPTQ Kaltim. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top