Kasat Lantas Ingatkan Kesadaran Berlalu Lintas




kutaikartanegaranews - 11/12/2014
Kasat Lantas Polres Kukar, AKP. Erick Budi Santoso berharap tingkat kesadaran berlalu lintas khususnya di Kutai Kartanegara dapat meningkat, masyarakat diharapkan menjadi pelopor bagi keselamatan berkendaraan mengingat tingginya angka kecelakaan saat ini, himbauan tersebut disampaikan pada pelaksanaan hari terakhir kegiatan operasi zebra, rabu (10/12) kemarin.

"Secara global tingkat kecelakaan di Indonesia cukup meningkat tetapi di Kalimantan Timur mengalami penurunan khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan seperti Tahura maupun Samboja yang memiliki kontur jalan yang berliku-liku dan rawan kecelakaan namun bisa ditekan secara drastis, tutur Erick"

Sementara itu dalam kegiatan terakhir operasi zebra yang digelar di Pal (Kilometer) 5 Tenggarong, sekitar 19 kendaraan bermotor terjaring razia dan dikenakan sanksi tilang. Para pelanggar diberikan bukti pelanggaran (tilang) dan akan disidang pada tanggal 19 Desember 2014 mendatang.

Pada umumnya kendaraan yang terjaring razia tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bahkan ada yang tidak mengenakann helm serta memasang knalpot racing.

Seperti diketahui operasi zebra dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia sejak 26 November 2014 dan berakhir 9 Desember 2014 kemarin, kegiatan ini di lakukan dalam rangka penegakan hukum serta untuk menciptakan suasana kondusif mengingat banyaknya tingkat kecelakaan dan tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang.

Tidak hanya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat juga diperiksa kelengkapannya, Operasi zebra kali ini digelar sebagai upaya mengampanyekan keselamatan berlalu lintas dan kesadaran lalu lintas bagi pengguna jalan, selain petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kukar, petugas Dinas Perhubungan Pemkab Kutai Kartanegara dan Kodim 0906 Tenggarong juga ikut dilibatkan. (ekn)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top