Warga Dihimbau Waspada DBD


Ilustrasi Nyamuk DBD


Kutaikartanegaranews - 12/12/2014
Hingga minggu kedua di bulan desember ini curah hujan dengan intensitas cukup tinggi masih mengguyur kabupaten kutai kartanegara, Ancaman demam berdarah pun menjadi perhatian khusus yang harus diwaspadai warga masyarakat.



Untuk mengatisipasi hal tersebut petugas dari puskesmas kelurahan Rapak Mahang pada kamis (11/12) siang berkeliling di sekitar kota Tenggarong dengan menggunakan mobil yang dilengkapi pengeras suara, selain menghimbau dan mengingatkan warga mengenai tanda-tanda serta pertolongan pertama apabila terkena demam berdarah, Petugas juga membagikan brosur kepada warga mengenai tindak pencegahan dengan cara 4M Plus.

Demam Berdarah Dengue (DBD) ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Nyamuk ini biasanya menggigit pada pagi, siang dan sore hari. Ciri-cirinya yakni memiliki corak hitam putih pada kakinya dan biasanya hinggap di baju-baju yang digantung serta tempat-tempat yang gelap. Nyamuk ini berkembang biak pada air tergenang yang dasarnya bukan tanah.

Gejala yang ditimbulkan oleh demam berdarah antara lain, Demam tinggi mendadak tanpa sebab yang jelas 3 hingga 7 hari, Nyeri otot, Sakit kepala dan Sakit ulu hati. Sedangkan Tanda-tanda perdarahan berupa bintik-bintik merah dikulit, mimisan, perdarahan gusi, muntah darah, serta BAB yang bercampur darah. Pertolongan pertama dapat dilakukan dengan cara banyak minum dan segera berobat ke puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Data dari Dinas Kesehatan Kukar menunjukkan adanya peningkatan jumlah kasus serangan DBD dari tahun sebelumnya, hingga bulan oktober lalu tercatat sebanyak 509 kasus dengan 9 orang meninggal dunia, sedangkan pada tahun 2013 tercatat hanya 411 kasus dan 6 meninggal dunia.(ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top