KITLV Belanda Simpan Dokumentasi Sejarah Kutai

Foto Dermaga Tenggarong yang berada di depan Keraton Kutai Tahun 1925
Foto: Dokumentasi KITLV Belanda


kutaikartanegaranews - 27/01/2015
Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV) adalah Lembaga Kerajaan Ilmu Bahasa, Negara dan Antropologi. Sebuah lembaga ilmiah yang didirikan pada tahun 1851, Perpustakaannya terletak di Leiden Belanda. KITLV memiliki sebuah laman situs yang disebut juga dengan Digital Media Library. Situs ini memang banyak menampilkan tentang dokumentasi bersejarah Indonesia termasuk Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. 

kutaikartanegaranews mencoba menelusuri laman tersebut dengan mengetik kata kunci Kutai, dan hanya dalam beberapa detik foto - foto pun muncul. Foto - foto yang ditampilkan juga dilengkapi judul dan tahun.

Yang menarik foto-foto tersebut benar-benar menampilkan nilai sejarah. Diantaranya foto istana Kesultanan Kutai bertajuk Paleis van de sultan van Koetai te Tenggarong 1905

Bisa dilihat pula foto Keraton Kutai (Kini Museum Mulawarman) berjudul Paleis van de sultan van Koetai te Tenggarong, Borneo 1925. Ada juga peta wilayah Kutai yakni Kaart van het Landschap Koetai 1928 , Termasuk foto kehidupan masyarakat Kutai dan Dayak, aktivitas pertambangan, serta foto lingkungan Kesultanan Kutai saat itu. 

Dokumentasi sejarah berupa foto yang berkaitan dengan kerajaan Kutai ditampilkan sebanyak 61 halaman. Foto-foto ini bisa dibeli secara online dengan menggunakan kartu kredit, Selanjutnya foto akan dikirim ke alamat si pemesan. 

Harga yang dipatok untuk foto - foto tersebut memang lumayan mahal, tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari A1 hingga A5. Untuk foto dengan ukuran High Resolution dipatok dengan harga EUR 5, termahal untuk ukuran A1 Canvas seharga EUR 119,5. 

Namun bagi anda yang ingin mendapatkan foto tersebut secara gratis, bisa langsung mendownload pada link yang telah disediakan. Tetapi dimensi foto hanya berukuran 400 x 297 pixel, ukuran ini memang jauh lebih kecil dibanding jika anda mendapatkannya dengan cara berbayar. 

KITLV tidak hanya menampilkan foto-foto dokumentasi sejarah secara online, mereka juga memiliki koleksi lengkap berupa buku-buku, naskah-naskah manuskrip, dan bentuk dokumentasi lainnya. Institusi yang berusia lebih dari 200 tahun ini merupakan lembaga terbesar yang begitu rapi dalam pengarsipan dokumentasi bersejarah bangsa Indonesia di masa lalu. (ekn)

1 comments:


Top