Puncak Bukit Biru, Magnet Wisata Alam Desa Sumber Sari

Salah satu komunitas yang pernah merasakan ketinggian puncak bukit biru
Foto: Lensa kukar 

Puncak bukit biru, nama yang tidak asing dikalangan pecinta alam, berlokasi di desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Puncak Bukit biru memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata alam terutama bagi kalangan muda.

Beberapa komunitas juga pernah menjelajah hingga ke puncak bukit. Sebut saja Komunitas Photografer Lensa Kukar. Salah satu daya tarik yang menjadi tujuan komunitas tersebut, yakni menikmati keindahan alam yang berada dibawahnya, seperti hamparan sawah - sawah yang luas.

Tidak hanya itu, Menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari atas ketinggian menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung di kawasan tersebut. Moment seperti inilah yang membuat puncak biru dikunjungi berbagai kalangan, yang tidak hanya berasal dari Tenggarong saja.

Untuk menuju lokasi, perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Namun perlu diingat, disisi kiri dan kanan saat akan naik ke puncak tidak akan ditemui pagar pengaman, karena itu disarankan untuk menggunakan pemandu yang sudah berpengalaman. Beberapa hal juga harus diperhatikan untuk keamanan selama menempuh perjalanan hingga sampai ke atas bukit.

Pertama, mempersiapkan kondisi fisik, mengingat jarak yang cukup jauh dan menanjak akan menjadi salah satu pemicu kelelahan, Kedua, mempersiapkan bekal seperti minuman pengganti cairan, obat-obatan berupa balsem dan sebagainya, Ketiga, membawa alat komunikasi untuk melakukan kontak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan terakhir, berkoordinasi serta memberitahukan kedatangan kepada warga sekitar.

Perlu diketahui, Desa Sumber Sari telah diresmikan sebagai kawasan wisata alam dan edukasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Edi Damansyah, pada 10 Januari 2015 lalu. Kawasan ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Sumber Sari, berbagai paket wisata pun ditawarkan dengan harga murah. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top