Field Trip Pesut Mahakam Kembali di Gelar

kutaikartanegaranews.com - 21/03/2015
Setelah menggelar field trip pada bulan Februari lalu, Komunitas Save The Mahakam Dolphin kini kembali dengan agenda yang sama pada 28 - 29 Maret 2015 mendatang, Trip kali ini berlokasi di Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara.

Innal Hamda Rahman, selaku penyelenggara mengatakan, Field trip tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari. "Nantinya akan ada agenda berupa observasi pesut mahakam, dengan tujuan cagar alam di Desa Sedulang Kecamatan Muara Kaman, Jika memungkinkan, akan ada pemutaran film pesut mahakam dan lingkungan," ujarnya.


Dijelaskan Innal, biaya pendaftaran field trip sebesar Rp 150 ribu per orang, namun untuk penginapan, transport serta makan dan minum, di tanggung masing - masing peserta. "Jumlah peserta minimal 7 orang dan kelipatannya, sedangkan batas maksimal yakni 28 orang disesuaikan dengan muat maksimal per ketinting (Red,Perahu bermesin) dengan kapasitas 7 orang. Batas waktu pendaftaran berakhir pada 27 Maret  atau saat kuota maksimal peserta terpenuhi," paparnya.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi, diantaranya, setiap peserta wajib memiliki kendaraan sendiri, karena perjalanan menuju lokasi ditempuh bersama-sama atau konvoi menggunakan kendaraan roda dua.

Innal juga mengingatkan, peserta yang tidak bisa berenang agar membawa pelampung atau life jacket, "Kami menyediakan 18 life jacket, Selain itu peserta juga harus berkelakuan baik, yang nyeleneh akan kami tinggal di lokasi terjauh saat trip dan di black list untuk trip berikutnya," jelasnya.

Untuk informasi mengenai kegiatan trip ini bisa menghubungi Innal Rahman melalui nomor 081347238985 - 085250205322 dan pin BBM 7D8910A5. "Bagi Sponsor dan donatur akan kami masukan namanya saat pembuatan video, nantinya di expose di youtube dan grup," tambahnya.

Komunitas Save Pesut Mahakam aktif melakukan aksi ke lapangan setiap bulannya sejak September 2013. Komunitas yang konsen mendukung pelestarian pesut mahakam ini melakukan kegiatan rutin berupa observasi dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mencari dan menemukan pesut serta mengenali lingkungannya.

Berdasarkan data Badan International Union for Conservation of Nature (IUCN), Pesut mahakam termasuk satwa di ambang kepunahan yang saat ini berada di kategori kritis atau berstatus rawan punah .(ekn)

Foto bersama peserta Field Trip Pesut Mahakam pada bulan Februari lalu
Foto: savepesutmahakam.com






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top