Pecinta Batu Serbu Pameran Batu Akik

kutaikartanegaranews.com - 29/03/2015

Pameran batu akik di halaman terminal pasar Tangga Arung, Tenggarong, Sabtu (28/03) kemarin, dipadati warga masyarakat. Berbagai  jenis batu yang dipamerkan cukup menarik perhatian para pecinta batu yang di dominasi kaum pria.

Aneka batu yang dipamerkan diantaranya, Red Borneo, Kecubung, Bacan, Blue Safir, Yakut, dan Jamrud. Selain itu juga dipamerkan beberapa fosil kayu seperti Ulin, Sepang atau Secang, serta Bengkirai. Peserta pameran batu akik ini tak hanya dari Kutai Kartanegara saja, bahkan ada yang datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Salah seorang peserta, Amat, menuturkan, harga batu yang ia jual berkisar mulai dari Rp 50 ribu perbiji, “Yang paling mahal Giok Aceh, harganya dua juta setengah” ujarnya. Menurut pria asal Sumatera ini, batu tersebut merupakan bagian dari bongkahan batu yang pernah menghebohkan aceh beberapa waktu lalu.

Ketua Panitia pelaksana, Joni Dias saputra, yang didampingi Sekretaris Mukhlis, mengatakan, Pameran batu akik ini merupakan bagian dari acara Aruh Ganal yang merupakan ajang untuk menjalin silaturrahmi, kebersamaan serta komunikasi yang baik antar etnis banjar yang populasinya cukup banyak di Kukar.

Menurutnya, Pameran batu akik ini juga turut mengangkat potensi lokal dari Kutai Kartanegara, terutama batu yang berasal dari fosil ulin, sebab jenis ini merupakan yang paling menonjol diantara batu – batu lainnya di Kukar. 

“Motivasi kami awalnya adalah agar pengusaha atau pengrajin batu akik dari menengah kebawah bisa memberikan hasil yang terbaik dalam rangka mempromosikan batu-batu yang akan dipamerkan atau dijual”, ujar Joni.

Pameran batu akik ini cukup meriah, pasalnya pihak panitia juga membuka stand kuliner wadai (Jajanan) khas banjar, dan pada malam harinya diisi dengan hiburan artis KDI serta lawakan khas dari seniman Madihin Jhon Tralala. (ekn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top