Pembangunan Jembatan Kukar di Awasi 13 Tim Ahli


Photo by Endi

Progres pembangunan jembatan Kutai Kartanegara  diperkirakan akan rampung pada Juni 2015 mendatang. Bahkan perakitan antar segmen jembatan diawasi 13 tim ahli yang terdiri dari profesor bidang konstruksi jembatan yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Jembatan Kukar sendiri termasuk dalam kategori kelas teratas atau Grade A,  dengan bobot rangka seberat 3.000 ton bertipe Arch Bridge atau jembatan melengkung yang memiliki panjang 470 meter serta lebar 10,5 meter.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek jembatan Kukar Budi Harsono, mengatakan, menjelang akhir Maret ini pekerjaan perakitan atau erection bentang tengah jembatan akan mulai dikerjakan. Menurutnya, pengerjaan rangka baja jembatan hanya bisa dilakukan malam hari karena membutuhkan visibility akurasi yang tinggi.

Dijelaskan Budi, Pembangunan jembatan tersebut memang rumit, karena sedang memasuki tahap kritis dan membutuhkan konsentrasi tinggi dalam tahap pengerjaannya.

Ia menambahkan, Jembatan ini merupakan yang terpanjang di Asia tenggara dari ukuran segmennya, dan saat ini progres pembangunan fisik jembatan yang menghubungkan antara kota Tenggarong dengan Desa Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang tersebut telah mencapai hampir 85 %, diperkirakan 3 bulan kedepan baru akan mencapai tahap 100 persen. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top