"Jakarta 2039" Persembahan Teater Matahari


Suara helikopter bergemuruh mengitari Ibu Kota Jakarta, teriakan dan jeritan, serta huru hara terjadi. Ya ini bukanlah pemutaran sebuah film, tapi merupakan gambaran sejarah kelam meletusnya peristiwa Mei 1998 yang dipentaskan oleh Teater Matahari OM ED berjudul Jakarta 2039.

Karya Seno Gumira Ajidarma ini ditampilkan dalam Eksibisi Lanjong Art Festival (LAF) 2015, di.Ladang Budaya (Ladaya), Tenggarong, Rabu (27/05) malam. Jakarta 2039 bercerita tentang tragedi kekerasan, pelecehan dan pemerkosaan WNI keturunan Tionghoa yang terjadi pada saat itu. Aksi kerusuhan massa, penjarahan, dan pemerkosaan yang berlangsung dengan brutal menambah cacatan kelam sejarah di Indonesia.

Karakter yang diperankan para pemain Teater dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini memang sangat kuat, dengan durasi waktu 60 menit, Eksibisi teater tersebut mendapat apresiasi dari penonton yang sejak awal tidak beranjak dari tempat duduknya.

Pementasan Jakarta 2039 bertujuan untuk mendorong aspek-aspek humanis dalam kehidupan manusia, serta untuk merenungi bahwa kebencian yang tak berdasar kepada wanita keturunan (Tionghoa) hingga terjadinya pemerkosaan justru hanya mengakibatkan luka mendalam yang tak pernah bisa dilupakan. (ekn)

"JAKARTA 2039"
TEATER MATAHARI
Karya : Seno Gumira Ajidarma
Sutradara : Edi Sutardi
Actor/actris : Rine Sundhari, Della A. Charisma, Yunita Erayni, Fauzan Halim, M.Hafiz, Syarifudin.Z.A 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top