LAF 2015, Habis Barat Terbitlah Timur

Untuk ke-empat kalinya Lanjong Art Festival (LAF) akan kembali dilaksanakan, Agenda dua tahunan Yayasan Lanjong, Kutai Kartanegara ini akan berlangsung pada 23-30 Mei mendatang. LAF 2015 akan menyajikan beragam kesenian kontemporer serta puluhan karya seniman ternama dari sembilan negara.

Ketua Panitia Lanjong Art Festival 2015, Abdul Wachid, menjelaskan, LAF tahun ini mengangkat tema Habis barat terbitlah timur, tema tersebut memang terkesan provokatif era kebarat-baratan dikatakannya sudah habis masa edarnya, dan kini sudah saatnya wilayah timur unjuk gigi.


"Tapi bukan berarti kita menjadi apriori terhadap budaya Barat, namun lebih diperuntukkan untuk diri sendiri, bahwa sesungguhnya kita punya cara berkesenian dan berbudaya sendiri yang butuh untuk dilestarikan dan kembangkan, serta dapat dijadikan sebagai salah satu media refleksi bagi keadaan sosial yang saat ini tengah berkembang," jelasnya.

Penasehat Yayasan Lanjong, NH Dwinta Sari, berharap LAF 2015 kali ini dapat menjadi stimulus nyata bagi masyarakat khususnya di Kutai Kartanegara, agar berperan aktif melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya. Menurutnya, sejatinya seni dan budaya itu lahir dari masyarakat dan untuk kebaikan masyarakat itu sendiri.

Untuk mendukung LAF, beberapa instalasi seni pun telah ditempatkan di beberapa titik di sekitar Ladang Budaya (Ladaya), yaitu amphi teater untuk lomba tari kontemporer, Monolog juga peserta eksibisi, lalu pendopo untuk festival musikalisasi puisi.

Selain itu ada pula Taman Salaman, keberadaan taman ini di harapkan dapat menjadi sebuah ruang untuk ajang silaturahmi guna membuka jaringan berkesenian dan saling mengenal sesama seniman yang hadir. Ditempat ini juga terdapat wahana out bound, serta paintball studio alam yang anggun untuk memicu adrenalin agar para seniman juga masyarakat bisa berbaur dengan Ladaya.

Dari informasi yang kutaikartanegaranews terima, Saat ini sudah ada konfirmasi para seniman dari sembilan negara yang akan tampil di LAF 2015. Masing-masing dari Italia, Meksiko, Korea, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura, Amerika dan Spanyol. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top