Kirab Budaya Awali Erau 2015


Kirab Budaya dari 35 paguyuban yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (06/05), berlangsung meriah, sejak pukul 09.00 WITA, warga kota Raja sudah memadati rute start kirab dari depan Gerbang Raja dan disepanjang jalan Akhmad Muksin hingga depan Monumen Pancasila Tenggarong.

Kirab budaya ini merupakan rangkaian pelaksanaan Erau yang akan resmi dibuka, Minggu (07/06) besok di Stadion Rondong Demang. 11 dari delegasi negara-negara peserta Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2015, seperti Italy, Turki, Jerman, Hawai, Malaysia, Korea Selatan, dan Russia, hadir memeriahkan kirab tersebut.

Atraksi kesenian dari berbagai daerah juga ditampilkan di depan panggung kehormatan yang berada di teras kedaton , diantaranya dari Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar (KKBB), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) , hingga kesenian Ondel Ondel Betawi.

Di panggung kehormatan, sejumlah undangan turut menyaksikan acara ini, termasuk Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Bupati Kukar, Rita Widyasari, Sekkab, Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Salehuddin SSos Sfil, Kapolres Kukar AKBP Handoko, Dandim 0906 Tenggarong, Kadisbudpar Kukar, Sri Wahyuni, dan Presiden CIOFF Indonesia, Said Rahmat.

Antusiasme masyarakat yang menyaksikan kirab tak bisa dibendung, sejumlah petugas keamanan berkali-kali mengatur jarak penonton yang meluber hingga ke tangga kedaton. Pemandangan lainnya juga terlihat disekitar jembatan besi, bebebrapa warga memanfaatkan moment untuk berfoto bersama dengan sejumlah penari dari 13 negara peserta EIFAF.

Event tahunan ini juga dimanfaatkan para fotografer, tak hanya fotografer lokal, salah satu fotografer profesional asal Jakarta, Utami Dewi Godzali juga ikut mengabadikan moment yang hanya ada saat upacara adat Erau berlangsung. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top