Penghafal Qur'an Asal Kukar Raih Beasiswa Ke Turki

Anwar Sadat, Putera daerah asal Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara (Kukar), berhasil meraih biaya pendidikan dalam program Beasiswa Tahfiz Al Quran (PBTQ), Program ini merupakan kerjasama Kementerian Agama (Kemenag) dengan United Islamic Cultural Centre of Indonesia- Turkey (UICCI).

Anwar menerima bantuan dari Kepala Kemenag Kukar
Foto: Kemenag Kukar
Anwar dinyatakan lulus seleksi pada 04 Juli 2015 lalu, setelah sebelumnya mengikuti tes tertulis dan hafalan pada seleksi tahap I yang di gelar oleh Kantor Kementrian Agama Wilayah Kementerian Provinsi Kaltim di MAN Unggul Samarinda.

Sedangkan pada tanggal 24-28 Juni 2015, dirinya mengikuti seleksi tahap II untuk menjalani masa orientasi di Pesantren Sulaimaniyah, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng).


Dikatakan Anwar, pada 26 Juli mendatang, Ia akan menjalani masa pendidikan awal di pesantren Sulaimaniyah Bogor selama setahun untuk memantabkan hafalan 30 juz Al-Qur'an, serta bahasa Arab dan Turki, Setelah itu barulah dirinya akan menempuh pendidikan di Turki selama 3 tahun.

Setelah lulus pendidikan, Anwar dan para penerima beasiswa lainnya diwajibkan mengabdi selama 1 tahun untuk mengembangkan pengetahuannya di pondok –pondok pesantren tahfidz (penghafal) Quran yang ditunjuk oleh Kemenag atau lembaga pendidikan yang menjalin kerjasama dengan UICCI.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kukar, H Sulaiman Anwar, mengaku sangat bangga mendengar kabar ini. Sulaiman yang bertatap muka langsung dengan Anwar di ruang kerjanya berharap pemuda kelahiran tahun 1994 ini dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik- baiknya, sehingga bisa tepat waktu menyelesaikan pendidikan di Turki. Dalam kesempatan tersebut, Sulaiman juga memberikan bantuan uang tunai untuk biaya keberangkatan Anwar ke Bogor.

Anwar sendiri diketahui kerap menjadi langganan Juara Tahfiz Al-Qur'an pada MTQ tingkat Kabupaten di Kutai Kartanegara. Terakhir ia meraih juara terbaik III pada tahfiz 30 Juz pada MTQ tahun 2014 lalu di daerah asalnya Kecamatan Marangkayu. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top