Lebaran, Napi Berkelakuan Baik Bakal Dapat Remisi


Dalam menyambut hari besar seperti Idul Fitri, pemerintah selalu memberikan remisi bagi warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Remisi akan diberikan bagi mereka yang memiliki kelakuan baik. Misalnya patuh pada peraturan dan rajin beribadah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Hukum dan HAM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Joko Setiyono dalam kunjungan safari Ramadhan di lapas Kelas 2 B Tenggarong, Senin (29/06) lalu.

Dikatakan Joko, Masing-masing warga binaan di setiap lapas memiliki rapor catatan masing masing, Rapor tersebut berisi catatan keseharian penghuni lapas.  Catatan itu menjadi acuan bagi pemerintah apakah seorang warga binaan patut mendapat remisi atau tidak. "Jika tahanan acap membuat keonaran dan melanggar peraturan Lapas dipastikan tidak akan mendapat remisi," jelasnya.

Joko Setiyono yang didampingi sejumlah kepala Divisi dan Kepala Bidang Kanwil Hukum dan HAM Kaltim, mengatakan, safari ramadhan yang dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturrahmi dengan aparatnya di Kabupaten kota se Kaltim dan juga untuk melihat langsung kondisi yang ada di lapas.

Menurutnya, Pihaknya sudah melakukan safari ramadhan ke sejumlah lapas yang ada di kaltim, sedangkan kunjungan di lapas kelas 2B Tenggarong dilaksanakan pada hari ke 12 ramadhan 1436 hijriyah. Safari ramadhan yang dihadiri pegawai dan sipir serta warga binaan ini diawali dengan penyampaian tausiyah, dilanjutkan buka puasa bersama dan solat magrib berjamaah di masjid Taubatan Nasuha yang berada di dalam lapas tersebut.

Sementara itu Kepala Lapas 2B Tenggarong, M Ihksan, mengatakan, beberapa fasilitas lapas seperti persediaan air bersih dan cadangan listrik sangat terbatas, karena saat ini lapas binaannya dihuni sekitar 900 orang napi, sedangkan kapasitas atau daya tampung napi hanya untuk 300 orang. 

Untuk pembinaan bagi penghuni lapas, pihaknya melakukan latihan ketrampilan, diantaranya membuat souvenir. Sedangkan di bidang mental spritual terutama untuk warga binaan yang beragama islam diadakan latihan fardu kifayah hingga menghafal ayat Alquran. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top