TKC Siap Tampil Di Ajang WACI II Jember

Tenggarong Kutai Carnival (TKC) kembali dipercaya tampil oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Kalimantan Timur (Kaltim) pada ajang Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia (WACI) II Jember International Event (JIE), sekaligus mewakili Kaltim yang akan berlangsung pada Sabtu, (29/8) mendatang.

Salah satu talent TKC saat tampil beberapa waktu lalu
Foto : Endi
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni merasa bangga atas ditunjuknya kembali TKC mewakili Kaltim tampil di ajang WACI bersama perwakilan DPD AKARI se-Indonesia beserta tim peninjau lainnya.

Sri mengatakan, WACI merupakan etalase Indonesia yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dengan menampilkan berbagai ragam, corak, ciri khas hingga potensi daerah yang dituangkan kedalam bentuk karnaval kostum yang memiliki standar karnaval.

Penyelenggaraan WACI tahun ini, merupakan yang kedua kalinya. Selain TKC, ada beberapa daerah yang ikut serta dalam WACI II seperti, Tanjung Pinang Carnival, Cirebon Carnival, Kuta Carnival, Solo Batik Carnival, Gading Nite Carnival dan Jember Fashion Carnival selaku tuan rumah.

“Tim TKC sendiri akan berangkat ke Jember dengan jumlah personil sebanyak 50 orang terdiri dari 30 orang talent pilihan yang menampilkan kostum karnaval dengan tema Mangrove, Purun dan Enggang, penari tradisional Enggang sebanyak 9 orang, 2 orang pembawa spanduk dan 9 orang official," jelasnya.

Menurutnya, Dengan tampilnya TKC untuk yang kedua kalinya di Jember, sekaligus sebagai ajang menggali pengalaman untuk mempersiapkan diri pada show time, dalam event Festival Kota Raja 2015, yang nantinya menampilkan beberapa tema, seperti Sumpit, Buah Bolo' dan Pesut Mahakam yang akan berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2015 di di Tenggarong.

"Semuanya sudah kita siapkan, mulai dari showtime dilakukan mandiri oleh Manajemen TKC dan di support langsung Disbudpar, baik pembuatan prototype kostum, pelaksanaan workshop bagi para talent sampai dengan di hari pelaksanaan nantinya," kata Sri.

Ia menambahkan, sebelum tampil di WACI, tim TKC saat ini tengah melakukan latihan koreografi setiap akhir pekan di halaman parkir gedung B komplek perkantoran Bupati Kukar. Para talent itu sendiri, akan menggunakan properti lengkap yang akan ditampilkan pada saat WACI II berlangsung. “Semua persiapan telah matang dan siap tampil memukau dihadapan para pengunjung pada Ajang WACI II di Jember,” Ujarnya.

Untuk diketahui Disbudpar Kukar juga mengikut sertakan Tim Pameran dan peserta konferensi pada International Exhibition 2015, Ini merupakan event pertama kali yang digelar di Jember untuk mempromosikan kalender event di Kabupaten Kutai Kartanegara, termasuk Festival Kota Raja pada Oktober mendatang.

Adapun rangkaian Jember International Event 2015 terdiri dari International Exhibition 26-30 Agustus, JFC International Conference 27-30, Kids Carnival (27/8), Artwear Carnival (28/8), WACI (29/08), dan Grand Carnival (30/8). (hms01/ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top