31 Titik Panas Tersebar di Kukar


Kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), sejak sepekan terakhir terlihat lebih pekat. Hal ini dipicu karena adanya titik panas yang menyebabkan sejumlah lahan gambut terbakar. Dari pantauan sensor MODIS satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), setidaknya ada sekitar 31 titik panas (Hot spot) tersebar di sejumlah kecamatan di Kukar. 

Berdasarkan data terbaru BMKG, Selasa (21/10) pagi, Pukul 05.00 WIB, sebaran titik panas masing-masing berada di kecamatan Anggana, Kembang Janggut, Kenohan, Loa Kulu, Marangkayu, Muara Kaman, Muara Muntai, Muara Wis, dan Samboja.

Meski demikian semakin tebalnya kabut asap tak hanya karena titik panas yang membakar lahan gambut, namun diduga karena adanya aktivitas pembakaran lahan yang dilakukan secara sengaja.

Sejak kemarau berlangsung, Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kukar, Darmanysah, telah mengingatkan warga masyarakat agar tidak membakar lahan, hal ini dilakukan untuk menghindari meluasnya penyebaran kabut asap. "Himbauan kami sampaikan melalui surat yang ditujukan kepada Sekretaris Kabupaten (Sekkab) dan Camat Se-Kukar," ujarnya singkat. (ekn)




Tabel Hotspot Yang Terdeteksi 


Update 21-10-2015, Pukul 06.00 WITA


Kabupaten
Kecamatan
            Jumlah Hot Spot
Kutai Kartanegara
Anggana
1
Kutai Kartanegara
Kembang Janggut
2
Kutai Kartanegara
Kenohan
3
Kutai Kartanegara
Loa Kulu
4
Kutai Kartanegara
Marangkayu
1
Kutai Kartanegara
Muara Kaman
9
Kutai Kartanegara
Muara Muntai
2
Kutai Kartanegara
Muara Wis
5
Kutai Kartanegara
Samboja
3

Sumber : Citra Satelit BMKG


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top