Ajak Pengendara Tertib Berlalu Lintas, Polres Kukar Gelar Operasi Zebra 2015

Kapolres Kukar AKBP Handoko saat memeriksa kesiapan personilnya dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2015 di seluruh wilayah hukum Kukar.
Foto : Dok.Humas Polres Kukar

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), Polres Kukar menggelar Operasi Zebra selama 2 minggu kedepan di wilayah hukum Kutai Kartanegara (Kukar). Dalam Operasi ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kukar menurunkan 42 Personil dan dibantu oleh anggota Polres Kukar dan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan.

Berdasarkan data Satlantas Polres Kukar, Jumlah kecelakaan Laka Lantas tahun 2015 ini telah mencapai angka120 kasus. Secara umum, Laka Lantas banyak terjadi di jalur poros Samarinda - Balikpapan, hal tersebut dipicu karena para pengendara memacu kendaraannya diatas ambang kewajaran.

Ditemui usai apel gelar pasukan kesiapan Operasi Zebra,Kamis (22/10) lalu, Kapolres Kukar AKBP Handoko melalui Kasat Lantas AKP Afrian Satya Permadi mengatakan, Operasi Zebra tahun ini dilaksanakan untuk menindak berbagai pelanggaran yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan Lalu Lintas. "Operasi ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di Kukar yang dapat menyebabkan terjadi kecelakaan seperti melawan Arus Lalu Lintas,dan memacu Kendaraan diatas kewajaran khususnya untuk pengendara dibawah umur demi keselamatan bersama," ujarnya.

Dikatakannya lebih lanjut, Operasi Zebra kali ini juga untuk menertibkan pengendara yang tidak menggunakan helm serta penggendara yang masih dibawah umur atau yang tidak memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). Apabila nantinya ada pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas, maka sebelum dikenakan tilang akan diberikan sanksi berupa sikap hormat di jalan raya dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kasat Lantas menambahkan, Operasi Zebra tahun 2015 digelar serentak di seluruh Indonesia dan dilaksanakan demi kenyamanan, keselamatan berkendara serta meningkatkan kedisiplinan maupun ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top