Jembatan Kumala Diharapkan Tuntas Sebelum Addendum Berakhir

PT Hutama Karya selaku kontraktor pembangunan jembatan pulau kumala diharapkan bisa melaksanakan pekerjaan sesuai progress
Foto: Endi

Progres pembangunan jembatan Pulau Kumala saat ini memasuki tahap perampungan pemasangan dua tower yang berada di tengah jembatan yakni di pilar utama atau Pilar 5 (P5) dan P6. Jika pemasangan tower telah selesai, maka selanjutnya pekerja akan melakukan penyempurnaan pengencangan baut dan pemasangan pagar di kedua sisi jembatan dari sisi hulu dan hilir.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKR) Kukar, Basri Hasan, beberapa waktu lalu mengatakan, Jika pelat baja lantai jembatan telah terpasang, maka selanjutnya pekerja akan melakukan pengecoran. Sehingga pembangunan jembatan yang kembali mengalami perpanjangan waktu atau addendum ini berjalan sesuai perencanaan.

Kontraktor pelaksana diketahui telah mengajukan perpanjangan waktu pengerjaan kepada Pemkab Kukar dan sudah disetujui dengan perpanjangan waktu maksimal 50 hari kerja.

"Setelah pemasangan pelat baja lantai jembatan selesai, Insya allah lantai jembatan bisa segera dicor. Kita berharap pihak kontraktor bisa menuntaskan pekerjaan sebelum tenggat perpanjangan waktu habis," jelasnya.

Pembangunan jembatan yang dikerjakan oleh kontraktor PT Hutama Karya (HK) ini sebelumnya telah sampai pada tahap perakitan rangka profil baja dan dilanjutkan dengan penyambungan gelegar yang kini sudah tersambung ke pulau Kumala. 

Untuk diketahui, Jembatan pulau Kumala dibangun dengan panjang 230 meter dan lebar 3,5 meter serta tinggi 8 meter dari HWL (High Water Level) atau permukaan air ketika kondisi saat pasang tertinggi. (end)


Tidak ada komentar:


Top