Rita Widyasari - Edi Damansyah Resmi Memimpin Kukar 2016-2021

Rita Widyasari dan Edi Damansyah menandatangani berita acara pelantikan dihadapan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Rabu (17/02) di Convention Hall, Sempaja, Samarinda.
Foto: Dok.Humas Pemprov Kaltim

Rita Widyasari dan Edi Damansyah telah resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Periode 2016-2021, setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak atas nama Presiden RI, Rabu (17/7) sekitar pukul 10.00 wita di Convention Hall, Samarinda.

Rita - Daman, dilantik bersama-sama dengan 5 Kepala Daerah lainnya yaitu, Berau, Kutai Timur, Paser, Samarinda, dan Mahakam Ulu.

Usai melantik 6 pasangan Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015, Awang Faroek mengharapkan Kepala daerah yang baru dilantik dapat menjalankan amanah rakyat, untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Kini saatnya kita melangkah bersama untuk melanjutkan kinerja dengan mewujudkan janji-janji guna mensejahterakan rakyat. Pergiat bekerja siang dan malam untuk percepatan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing," imbaunya.

Awang juga menekankan agar Kepala Daerah yang dilantiknya memastikan semua rakyat bisa menikmati infrastruktur dengan baik, yaitu jalan dan jembatan, listrik, air bersih, tranportasi murah dan terjangkau, kesehatan dengan kualitas yang baik, daya beli yang kuat, serta pembukaan lapangan kerja baru untuk serap pengguran.

Dirinya juga berpesan agar Bupati/Walikota yang dilantiknya melakukan langkah konkrit dalam mengentaskan kemiskinan dan mengatasi kesenjangan sosial. Untuk itu, Awang berpesan agar penyelenggaraan pemerintah daerah diarahkan untuk mensejahterakan masyarakat. Kemudian Kepala Daerah wajib menjamin terselanggaranya pelayanan publik yg semakin baik, serta tingkatkan kinerja, lakukan inovasi dalam semua bentuk pembahruan dan peningkatan daya saing daerah.

"Jadilah dwi tunggal, saling melengkapi, bekerjalah dengan baik, amanah, timbulkan kepercayaan masyarakat kepada pemimpin, seringlah berada ditengah masyarakat," pesannya.

Selanjutnya, Awang menambahkan bahwa Kaltim telah mampu melaksanakan Pilkada serentak dengan, aman, damai, demokratis, sehingga apresiasi tinggi patut diberikan kepada seluruh pihak yang berperan dalam suksesnya Pilkada itu.

Awang juga mengapresiasi kepada Penjabat (Pj) Bupati/Walikota atas pengabdiannya, sehingga roda pemerintahan berjalan normal.

Acara pelantikan tersebut dihadiri pejabat Pemprov Kaltim, dihadiri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), tokoh masyarakat masing-masing daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta SKPD dari enam kabupaten kota yang Kepala daerahnya dilantik.

Untuk diketahui, Rita - Daman dipastikan memimpin Kukar, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, menetapkan pasangan Rita- Daman unggul dalam perolehan suara dibanding tiga pasangan lainnya pada Pemilihan Kepala Daerah 2015.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU Kukar, pasangan Rita-Edi Daman berhasil meraih sebanyak 263.335, atau meraup 89,43 persen dari suara sah suara, pasangan jalur independen ini menang telak di 18 Kecamatan yang ada di Kukar.(hayru)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top