Polres Kukar Siapkan Tim Pengurai Massa

Tim Raimas Polres Kukar dipersiapkan untuk mengantispasi kerusuhan massa saat terjadi unjuk rasa atau demo
Foto: Dok.Humas Polres Kukar

Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara (Kukar) menyiapkan Tim Pengurai Massa (Raimas) untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusuhan massa saat dilaksanakannya unjuk rasa atau demo.

Tim Raimas terdiri dari personel Satuan Sabhara. Tim ini menggunakan sepeda motor trail Kawasaki KLX dinas serta dilengkapi senjata berupa senapan gas air mata.

"Jika terjadi kerusuhan massa, maka Tim Raimas ini akan bergerak cepat dengan menggunakan trailnya dalam upaya membubarkan konsentrasi massa," ujar Kasat Sabhara Polres Kukar, AKP Gatot Supriyanto.

Ia mengatakan, Jika massa sulit dikendalikan maka Tim Raimas bisa menembakkan senapan gas air mata agar massa membubarkan diri.

Menurut Gatot, Jika saat penyampaian aspirasi atau demo yang dilakukan oleh massa tidak mendapat tanggapan dan massa kemudian melakukan tindakan anarkis, maka Tim Raimas bisa melakukan tindakan.

"Keberadaan Tim Raimas akan sangat efektif dalam hal pembubaran massa seandainya terjadi kericuhan saat penyampaian suara aspirasi tidak ditanggapi, sehingga para pengunjuk rasa akan berbuat anarkis," tambahnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top