Anugerah Pesona Indonesia 2016, Erau Masuk Nominasi Festival Budaya Terpopuler

Salah satu daya tarik festival Erau yakni prosesi mengulur sepasang replika naga dari keraton menuju Kutai Lama
Foto: Endi

Dari 10 nominasi kategori festival budaya terpopuler yang digagas oleh ayojalanjalan.com bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata Indonesia, Festival seni budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar) ternyata menjadi salah satu nominator.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar, Sri Wahyuni  pun mengajak masyarakat memberikan dukungan agar festival Erau mendapatkan suara terbanyak dalam ajang tersebut.

"Mari berikan dukungan dengan memberikan "vote", agar Erau memiliki suara terbanyak dalam ajang tersebut," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni, Rabu (08/06) kemarin.

Menurut Sri, Dampak masuknya Erau sebagai nominasi pada kegiatan tersebut tentu baik untuk promosi Erau di tanah air sehingga akan semakin mempopulerkan Erau yang berdampak terhadap promosi daya tarik wisata di Kukar dan Kaltim umumnya.

"Mari jadikan Festival Erau sebagai Festival Budaya Terpopuler di tanah air. Saya mengapresiasi tinggi kepada yang sudah memberikan dukungannya," ujarnya.

Sri mengatakan, untuk memberikan voting yang akan berlangsung hingga 23 Agustus 2016 mendatang caranya cukup dengan mengunjungi website ayojalanjalan.com, lalu klik menu DUKUNG & VOTE PARIWISATA INDONESIA, pilih kategori Festival Budaya Terpopuler, kemudian tandai Festival Erau Kartanegara-Kaltim,

Untuk pelaksanaan upacara Adat Erau sendiri sambungnya, akan dilaksanakan bersama dengan International Folk Art Festival (EIFAF) yang akan digelar pada tanggal 22-28 Agustus 2016 di Kota Raja Tenggarong.

Seperti tahun sebelumnya, EIFAF tahun ini akan dimeriahkan dengan penampilan 10 delegasi kesenian dari 9 negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF), yaitu, Taiwan (2 grup), Bulgaria, Rumania, Rusia, Polandia, Idaho USA, Lithuania, Estonia, dan Canada (Ukranian).

Sri menambahkan, selama pelaksanaan EIFAF, pengunjung maupun masyarakat dapat menyaksikan kegiatan adat Erau yang dipusatkan di Keraton atau Museum Mulawarman, serta atraksi kesenian termasuk dari CIOFF. (hayru/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top