DPU Kaltim Bersilaturahmi Dengan Wabup Kukar

Direktur DPU Kaltim Rahmad (kanan) memberikan Al-Qur'an kepada Wabup Kukar Edi Damansyah (tengah)
Foto: Hayru Abdi/Humas Kukar

Jajaran Direksi Dana Peduli Ummat (DPU) Kaltim bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Senin (29/8) kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, DPU Kaltim yang dipimpin Direkturnya Rahmad, didampingi jajaran DPU Kukar, serta dihadiri pengurus Lembaga Pengembangan Tilawtil Qur`an (LPTQ) Kukar H Syaiful Aduar dan H Encek Mugnidin.

Jajaran Direksi DPU Kaltim diterima oleh Wabup Edi Damansyah, didampingi Kabag Kesra Setkab Kukar HM Arsyad dan Kabag Humas Protokol Dafip Haryanto, di pendopo Wabup Kukar, Tenggarong.

Dalam pertemuan itu Rahmad memperekenalkan tentang DPU Kaltim sebagai lembaga nirlaba milik masyarakat yang berkhidmat dalam pemberdayaan ummat yang berkelanjutan. DPU berusaha membangun kepedulian masyarakat untuk memaksimalkan potensi zakat, infaq, shadaqah, dan wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik perorangan, kelompok, perusahaan, maupun lembaga.

Rahmad juga menyampaikan bahwa DPU berencana membangun Pondok Pesantren Al-Qur`an di jalan Rangga Yuda kelurahan Mangkurawang, Tenggarong. Saat ini lahan Ponpes Al-Qur`an tersebut baru dalam tahap persiapan, yaitu penurapan dan proses urug. 

"Untuk itu kami ingin bersinergi dengan Pemkab dalam membentuk generasi Qur'ani di Kukar, yaitu dengan mendukung Ponpes tersebut atau kerjasama lainnya," ujar Rahmad.

Ponpes tersebut, menurut Rahmad sasarannya sebagai pembinaan anak-anak maupun generasi muda untuk dididik menjadi tahfiz (penghafal) Al-Qur'an, pengajian rutin, termasuk bimbingan kepada wali santri.

Sementara Wabup Edi Damansyah menyambut baik hal tersebut, karena sejalan dengan program Gerakan Etam Mengaji (Gema) yang diluncurkan Pemkab Kukar pada Mei 2016 tadi.

Edi mengatakan, rencananya ada 3 desa di Kukar yang akan dijadikan percontohan desa Qur,ani di Kukar yaitu di Bakungan Loa Janan, satu desa di Muara Badak, dan satu lagi desa di wilayah hulu.

"Bisa saja nanti Pemkab mengadopsi metode DPU dalam pembinaan desa Qur,ani tersebut," ujarnya.

Selanjutnya Edi berharap keberadaan DPU dapat bermanfaat bagi pembinaan program Gema di kukar.

"Kami akan jajaki terlebih dahulu, jika ada peluang kedepan bisa dilanjutkan dengan kerjasama. Intinya kami yakin banyak pihak yang mendorong program Gema ini termasuk DPU," demikian ujarnya. (hmp02)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top