EIFAF 2016: Delegasi Kesenian Mancanegara Tiba di Kota Raja

Rombongan delegasi kesenian peserta EIFAF 2016 dari negara Taiwan saat tiba di hotel Grand Fatma
Foto: Endi

Setelah menempuh perjalanan panjang, delegasi kesenian mancanegara yang akan tampil pada Erau Adat Kutai and 4th International Folklore Arts Festival (EIFAF) 2016, tiba di kota Raja Tenggarong, Jum'at (19/08) malam.

Didampingi masing-masing Liaison Officer (LO), rombongan langsung dibawa menuju hotel Grand Fatma tempat para delegasi menginap selama EIFAF berlangsung. Tim kesenian paling terakhir tiba Sabtu (20/08) dini hari, pukul 03.00 Wita.

Menurut Suvervisor Sales and Marketing, Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Larasati Restiningrum, ada 65 kamar yang tersedia di hotel ini, namun sebanyak 50 kamar telah dipersiapkan untuk para tamu dari mancanegara, sedangkan sisanya telah terisi seluruhnya. 

"Sampai tanggal 29 Agustus nanti kamar kita sudah full, karena para tamu dari negara asing yang berjumlah sekitar 150 orang, sudah jauh-jauh hari booking kamar. Semuanya menginap di kamar deluxe," ucapnya.

Dikatakan Larasati, ada 6 negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF) yang menginap di hotel Grand Fatma, yakni, Polandia, Russia, Taiwan (Grup A), Amerika, Kanada, dan Bulgaria.

"Untuk pelayanan tamu-tamu dari luar, mulai hari Senin sampai penutupan Erau, kita akan menyajikan musik khas tradisional khas Kutai Kartanegara saat mereka breakfast. Jadi nanti kita menghadirkan musik Tingkilan, Sampe, Gambus dan keroncong," ujarnya.

Larasati menambahkan, untuk lebih mengenalkan ciri khas daerah Kukar kepada tamu-tamu dari luar, maka seluruh karyawan hotel akan mengenakan pakaian adat khas Kutai.

Selain hotel Grand Fatma, 4 negara lainnya yakni Lituania, Estonia, Rumania, dan Taiwan (Grup B) menginap di hotel Grand Elty Singgasana. Total ada 10 delegasi kesenian dari 9 negara dengan jumlah peserta sebanyak 218 orang yang berpartisipasi dalam EIFAF tahun ini.

Sesuai agenda, delegasi kesenian manacanegara bersama 30 kelompok kesenian/paguyuban, akan mengikuti kirab budaya Internasional, Sabtu (20/08) pagi ini, dimulai dari depan sekretariat Gerbang Raja, Timbau, menuju panggung kehormatan di kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. (end)

Delegasi kesenian asal negara Russia yang akan tampil di EIFAF tiba di hotel Grand Fatma, Jum'at (19/08) malam
Foto: R.Hidayat












Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top