Serunya Lomba Panjat Pisang di Kelurahan Mangkurawang

Lomba panjat pisang di RT 15 Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, berlangsung seru dan meriah
Foto: Endi

Tradisi peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya dimeriahkan dengan berbagai lomba, mulai dari lomba maka kerupuk, tarik tambang, hingga panjat pinang.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga masyarakat RT 15, Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Rabu (17/08), para warga merayakan peringatan HUT RI ke-71 dengan menggelar lomba unik yakni lomba panjat pisang.

Ketua panitia lomba, Roisatul Hidayati, mengatakan, lomba ini murni ide dari warga setempat, karena lomba panjat pinang dianggap sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.

"Ini murni masukkan dari warga khususnya bapak-bapak, karena kalau lomba panjat pinang kan sudah biasa, jadi kami disini bikin sesuatu yang unik menggunakan pohon pisang," ujarnya.

Pohon pisang tersebut, lanjutnya, digantung diatas dahan pohon setinggi 3 meter menggunakan katrol, lalu diolesi dengan minyak makan, sedangkan tanah dibawahnya disiram air agar basah dan becek. 

"Pesertanya itu warga yang masih duduk di bangku sekolah dasar sampai remaja, mereka harus bisa memanjat dan mengambil bendera merah putih berukuran kecil yang ditancapkan diatas pohon pisang dan terdapat plastik kecil berisi kupon hadiah didalamnya," ucap Roisatul.

Lomba ini pun berlangsung seru, 9 regu yang terdiri dari 2 peserta remaja dan 3 peserta anak-anak, secara bergantian berusaha mencapai puncak pohon pisang agar bisa mengambil bendera yang ditancapkan. Tak jarang aksi peserta yang gagal memanjat, memancing tawa warga.

Ditambahkan Roisatul, selain panjat pisang, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba lainnya seperti joget balon, balap karung, fashion show, sepak bola mengenakan daster dan sarung, lomba adzan kategori anak-anak, serta pemutaran film sejarah.

"Warga yang ikut lomba semata-mata hanya ingin memeriahkan HUT Kemerdekaan kita, jadi bukan karena hadiahnya, dan lomba ini terselenggara murni hasil swadaya masyarakat," pungkasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top