Wabup: TMMD Bukti Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah menyerahkan perlengkapan kegiatan TMMD  kepada salah satu personil TNI
Foto: Fairuz Zabady

Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Edi Damansyah, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pimpinan TNI beserta jajarannya di wilayah Kodam VI/Mulawarman dan Korem 091/Aji Surya Natakesuma yang telah menetapkan desa Enggelam masuk dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Hal ini sangat penting bagi pemkab dan masyarakat Kutai Kartanegara, Kita berharap moment TNI Manunggal Masuk Desa 2016, peran serta masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan TNI bersinergi, sehingga kondisi seberat apapun bisa diatasi," ucapnya usai membuka program TMMD, Selasa (20/09).

Kedepan, sambung Edi, Pemkab berkomitmen bekerjasama untuk terus melaksanakan pembangunan di Kukar, dimana dalam kurun waktu 2010-2015 kesuksesan program bedah rumah juga merupakan hasil kerja sama dengan TNI.

"Untuk membuka beberapa daerah terisolir juga mendapat dukungan dan kerjasama dari TNI, jadi ini sangat luar biasa dan ini bukti kebersamaan manunggal TNI bersama rakyat," cetusnya.

Wakil Bupati juga memberikan apresiasinya kepada pelaku dunia usaha dari sektor perkebunan sawit, Kehutanan dan beberapa sektor lainnya yang telah ikut berperan dalam program TMMD.

"Tadinya terbayang pada saat mapping lapangan kalau hanya kita tangani melalui dukungan pendanaan APBD, mungkin penyelesaiannya 2 tahun. Tapi dengan adanya program TMMD ini sangat membantu sekali," kata Edi.

Kepala Staf Korem (Kasrem) 091/Aji Surya Natakesuma, Kolonel Arh Rikas Hidayatullah, mengatakan, Program TMMD dilaksanakan setiap satu tahun sekali secara bergantian di wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma.

"Untuk kesempatan kali ini kita secara khusus mendapat perintah di dua kabupaten, yang pertama di Kutai Kartanegara dan kedua di Penajam Paser Utara, yang kita laksanakan secara bersamaan," ujarnya.

Kasrem pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemkab Kukar yang telah memfasilitasi kegiatan TMMD ke-97 di desa Enggelam, termasuk peran swasta dalam hal ini pelaku usaha yang beroperasi di wilayah tersebut.

"Disitulah nilai kebersamaan dan gotong royong yang terus kita jaga dan pelihara, termasuk yang paling penting adalah partisipasi dari masyarakat. Karena kemanunggalan TNI bersama rakyat itu wujudnya adalah pada saat pelaksanaan pembangunan nanti," tuturnya. (end)

Pemukulan gong tanda dimulainya program TMMD di desa Enggelam oleh Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah
Foto: Fairuz Zabady



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top