Pelajar Dari 13 Desa di Muara Muntai Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar

Para pelajar SMA/SMK/MA di Kecamatan Muara Muntai mendengarkan pemaparan tentang dasar jurnalistik
Foto: R.Hidayat

Puluhan pelajar SMA/SMK/MA nampak antusias mengikuti pelatihan jurnalistik dasar di Gedung BPU Desa Muara Muntai Ulu, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (15/04) lalu. 

"Mereka adalah anak-anak yang mewakili 13 Desa di Kecamatan Muara Muntai dan dari Desa Lebak Mantan  Kecamatan Muara Wis. Bahkan beberapa berasal dari Kutai Barat," ujar Kepala Desa Muara Muntai Ulu, Sopan Sopian.

Dikatakannya, pelatihan yang menghadirkan nara sumber dari MNC Media, TVRI Kaltim dan media online kutaikartanegaranews.com diikuti sebanyak 49 pelajar. "Mereka sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan," ujar Sopian panggilan akrabnya.

Kades pun berharap materi yang diberikan dapat bermanfaat bagi generasi muda khususnya di Muara Muntai. "Terima kasih kepada para nara sumber telah mentransfer ilmunya kepada anak-anak kami, serta Diskominfo Kukar yang telah memfasilitasi kegiatan ini," ucapnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Komunikasi Publik, Diskominfo Telekomunikasi & Persandian Kukar, Ahmad Rianto, mengharapkan, materi yang telah diberikan mampu membuka wawasan dan keterampilan tentang jurnalistik dasar serta jurnalis televisi. 

"Semuanya merupakan sebuah dedikasi yang tidak bisa diukur dengan nilai materi, namun naluri para jurnalis yang mengantarkan mereka ke tempat ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar bermanfaat," tuturnya.

Junalis MNC Media kontributor Kukar, Fairuz Zabady menyampaikan dasar pengambilan gambar liputan
Foto: Endi

Dalam pelatihan itu dipaparkan mengenai tugas dan kode etik wartawan, perbedaan media cetak, televisi, maupun media online, termasuk foto jurnalistik, serta menjadi citizen journalisme (Jurnalisme Warga) melalui sosial media.

Para pelajar juga diajak menyaksikan tayangan video hasil liputan para jurnalis termasuk praktek pengambilan gambar serta teknik editing dari kontributor MNC Media, Fairuz Zabady dan kontributor TVRI Kaltim, Rahmat Hidayat.

Menurut salah satu siswi Novita, materi yang disampaikan sangat berhubungan dengan pelajaran di sekolahnya. "Saya dan teman-teman bisa mendapatkan ilmu tentang dasar-dasar jurnalistik, ini sesuai dengan bidang pelajaran kami yaitu multimedia," tuturnya.

Gadis berhijab serta berkulit putih ini pun mengaku pelatihan yang disampaikan telah memotivasi dirinya untuk lebih banyak belajar lagi. "Ini memacu cita-cita saya untuk menjadi seorang jurnalis," kata siswi kelas X tersebut. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top