Replika Rumah Rasullulah dan Pedang Nabi Dipamerkan di Tenggarong

Asisten Bupati Kukar H Suriansyah HM turut mengunjungi pameran replika rumah Rasulullah dan pedang nabi
Foto: Endi

Dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan 1438 H, masyakarat kota Tenggarong bisa menyaksikan pameran replika rumah Rasulullah dan pedang nabi di arena lapangan basket, Timbau.

Menurut konsultan pameran pedang rasul, Adit Isra, pameran ini digelar dalam rangka festival Ramadhan yang diselenggarakan oleh Fajri Tos Collection, dimulai sejak tanggal 10 Juni hingga 2 Juli 2017.

"Yang kita pamerkan disini ada dua, yaitu replika rumah Rasulullah dan benda-benda peninggalannya. Ada juga tongkat, busana dan replika sandal rasul," terangnya.

Untuk pameran replika pedang, lanjut Adit, tak hanya pedang Rasulullah tetapi juga milik para sahabat seperti pedang Abu bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Usman Bin Affan, serta Ali Bin Abi Thalib.

"Benda ini memang replika tetapi bentuk dan ukuran sama dengan yang asli. Tujuan pameran ini sendiri untuk edukasi bagi umat Islam, yang mana selama ini benda-benda tersebut kebanyakan dilihat dari gambar saja," ujarnya.

Adit pun optimis jika pameran kali ini bisa menarik minat masyarakat, mengingat tiga tahun sebelumnya replika pedang Rasulullah yang dibuat langsung di Turki pernah di pamerkan pada festival Erau 2014.

"Waktu pertama kali dipamerkan Subhanallah ya, karena memang masyarakat Kukar ini keingintahuannya tinggi, apalagi disini mayoritas muslim," tutur Adit.

Pria berkacamata ini pun berharap masyarakat muslim di Kukar lebih mencintai Rasulullah dan para sahabat serta mengenal benda-benda peninggalan nabi Muhammad SAW.

Ditambahkannya, jumlah benda-benda yang dipamerkan secara keseluruhan berjumlah 22 item dan telah dibawa berkeliling di 23 kabupaten/kota.

Dengan membeli tiket masuk, sambung Adit, pengunjung bisa melihat benda-benda yang dipamerkan dan menyaksikan pemutaran film sejarah Islam. "Kami juga menyediakan boot foto," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top