Hingga H+7 Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan Berlibur ke Pulau Kumala

Pengunjung pulau Kumala pada libur lebaran tahun 2017 tercatat mencapai puluhan ribu orang
Foto: Endi

Pulau Kumala dan jembatan Repo-Repo kembali menjadi magnet pada libur lebaran tahun ini, tercatat hingga H+6, puluhan ribu wisatawan telah datang ke pulau seluas kurang lebih 81 hektar itu. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kukar, Sri Wahyuni, pada lebaran kedua pengunjung puau Kumala tercatat ada 15.015, dan hari ketiga meningkat menjadi 17.562 wisatawan.

"Sedangkan pada hari keempat ada 13.227 pengunjung, kemudian hari Jum'at (30/06) sebanyak 4.328, dan Sabtu (01/07) 7.369 orang," beber Sri.

Dikatakannya, selain warga lokal dan beberapa dari daerah sekitar Kalimantan Timur (Kaltim), ada pula wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh dari USA berkunjung ke pulau Kumala.

Sri memprediksi, Minggu (02/07) hari ini,  akan menjadi puncak kunjungan seiring dengan berakhirnya libur cuti bersama. 

Ditambahkannya, beberapa fasilitas telah ditambahkan, seperti bangku kelok, papan informasi tentang obyek wisata pulau Kumala dan wahana atraksi, serta pengumuman event wisata yang akan dilaksanakan di Kukar.

"Secara bertahap sarana dasar fasilitas umum akan terus ditambah, mari kita jaga dan rawat bersama fasilitas yang ada," kata Sri. 

Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pengunjung yang telah bersama-sama menjaga ketertiban. "Alhamdulillah arus masuk dan keluar pengunjung juga lancar," tukasnya.

Sri juga mengajak warga yang datang untuk tetap menciptakan kenyamanan di pulau yang kini masuk dalam nominasi tujuan wisata baru versi API (Anugerah Pesona Indonesia) 2017.

"Ayok terus budayakan Sapta Pesona, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan di odah etam," ucap Sri. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top