Petir Sambar Tangki Pengumpul Minyak Mentah Pertamina di Sanga-Sanga

Pasca tangki Pertamina EP Asset 5 Field Sanga-Sanga disambar petir, area sekitar lokasi segera diisolir
Foto: Istimewa

Tangki pengumpul minyak mentah H-4 milik  PT Pertamina EP Asset 5 Field Sanga-Sanga yang terletak di Stasiun PPP, Kecamatan Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (07/05) sekitar pukul 14.00 Wita dilaporkan terbakar.

Tim Operasi Penanggulangan Keadaan Darurat (OPKD) PT Pertamina EP Asset 5 Field Sanga-Sanga pun segera mengirimkan 2 Unit Truck pemadam api menuju ke lokasi kejadian.

Dibantu personil TNI-Polri, Tim OPKD segera mengisolasi area terbatas agar tidak dimasuki oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Kurang lebih 20 menit api sudah dapat dipadamkan menggunakan Foam (busa), kemudian dilanjutkan pendinginan dengan penyemprotan air ke badan tanki.

"Hasil investigasi awal penyebab terbakarnya tanki pengumpul minyak mentah H-4 tersebut berasal dari sambaran petir," terang Dika Agus Sarjono, Assistant Manager Legal & Relation Sanga-Sanga Field PT Pertamina EP dalam press release yang disampaikan kemarin petang.

Dikatakannya, sebelum kejadian terbakarnya tanki pengumpul minyak mentah tersebut, keadaan cuaca sedang dalam kondisi hujan deras disertai kilatan sambaran petir hingga berkali-kali dengan suara cukup besar. 

"Kronologis awal dari keterangan saksi – saksi di tempat kejadian, sedang terdapat kegiatan pemompaan (Loading) minyak mentah dari tanki pengumpul minyak mentah H-4 menuju kapal Barge," ungkap Dika,

Saat cuaca berubah mendung, kegiatan pemompaan dihentikan sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di perusahaan ini, namun tak lama kemudian tanki pengumpul minyak mentah H-4 itu tersambar kilatan petir. 

"Tanki pengumpul minyak mentah PT Pertamina EP Asset 5 Field Sanga-Sanga sudah di lengkapi dengan 2 Lightning Arrester atau penyalur petir, dan telah di dilakukan inspeksi terakhir pada November 2017 dengan hasil dalam kondisi baik," beber Dika.

Dilanjutkannya, semua peralatan pendukung penanggulangan keadaan darurat di sekitar tanki pengumpul minyak mentah H-4 juga berjalan dengan baik, sehingga penanganan pemadaman bisa dilakukan dengan cepat. 

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian terbakarnya tanki pengumpul minyak mentah milik PT Pertamina EP Asset 5 Field Sangasanga ini," ucap Dika.

Sedangkan kerugian materi, sambung Dika, masih dalam investigasi awal oleh tim yang akan mengevaluasi dari kejadian kebakaran tersebut. 

"Operasional PT Pertamina EP Asset 5 Field Sangasanga tetap berjalan normal seperti biasa," demikian jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top