Kumpulkan Nilai Tertinggi, Kafilah Loa Janan Juara Umum MTQ Ke 40

Plt Bupati Kukar menyerahkan piala bergilir juara umum MTQ ke 40 kepada Camat Loa Janan
Foto: Fairuz Z

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 40 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Tahun 2018 di Kecamatan Muara Mis, berakhir Sabtu (08/09) malam.

Hasilnya, kafilah kecamatan Loa Janan keluar sebagai juara pertama dengan mengumpulkan nilai tertinggi, disusul tempat kedua kafilah Muara Jawa serta Loa Kulu di urutan ketiga.

"Juara umum pada MTQ ke 40 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018 adalah Kecamatan Loa Janan," terang Ketua Koordinator Dewan Hakim MTQ Ke 40 Kukar, HM Ghufron Yusuf.

Dengan hasil tersebut, sambung Ghufron, Kecamatan Loa Janan sebagai juara umum berhak menerima piala bergilir Bupati Kukar.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Edi Damansyah usai menutup secara resmi kegiatan MTQ, menyampaikan apresiasi kepada 10 besar kafilah berprestasi.

"Secara khusus selamat kepada kafilah kecamatan Loa Janan yang meraih juara umum. Mudah-mudahan kegiatan MTQ ini membawa barokah bagi kabupaten Kutai Kartanegara," ucapnya.

Diungkapkannya, kafilah-kafilah berprestasi pada MTQ tingkat kabupaten akan dibina dan diberikan pelatihan melalui LPTQ Kukar untuk persiapan mengikuti MTQ Ke 41 Tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Paser.

"Target kita juara umum MTQ 2019. Selain penguatan dari sisi Qori'/Qori'ah, juga kualitas para pelatih terus kita berikan peningkatan kompetensinya, itu kuncinya, sehingga yang dibina bisa berkualitas," kata Edi.

Dengan ikhtiar tersebut, diharapkan akan mengulang kembali kesuksesan di tingkat provinsi, dimana selama dua tahun terakhir Kukar menyandang gelar Juara Umum yakni MTQ ke 39 tahun 2017 di Kabupaten PPU dan MTQ ke 40 tahun 2018 di Kabupaten Berau. (end)

10 Besar Kafilah MTQ Ke 40 Muara Wis

1.   Loa Janan, jumlah nilai 51
2.   Muara Jawa, jumlah nilai 48
3.   Loa Kulu, jumlah nilai 44
4.   Tenggarong, jumlah nilai 43
5.   Tenggarong Seberang, jumlah nilai 40
6.   Muara Badak, jumlah nilai 32
7.   Muara Wis, jumlah nilai 29
8.   Muara Kaman, jumlah nilai 21
9.   Marangkayu, jumlah nilai 21
10. Muara Muntai, jumlah nilai 19

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top