Jelang Ibadah Malam Natal, Unit Jibom Sterilisasi Gereja di Kukar

Salah satu anggota Unit Jibom melakukan sterilisasi di dalam Gereja Kemah Injil Indonesia di Tenggarong
Foto: Endi

Jelang ibadah malam Natal yang dilaksanakan umat Kristiani di Kutai Kartanegara (Kukar), dua tim dari Unit Jibom (penjinak bom) Subden Gegana Sat Brimob Polda Kaltim melakukan sterilisasi sejumlah gereja, Senin (24/12/2018) sore tadi.

Tim pertama yang dipimpin oleh Danki 4 Pelopor Batalyon B Sat Brimob Polda Kaltim Iptu Elan Suherlan didampingi Kasubagbin Ops (KBO) Polres Kukar AKP Panca Gunadi, melaksanakan sterilisasi tiga Gereja di kota Tenggarong, yakni Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII), Gereja Katolik ST. Pius X serta Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

Sementara Tim kedua dipimpin Kanit 2 Jibom Aipda Hendra Wolyudi yang didampingi  Kasubagdal Ops Polres Kukar Iptu Suwarsono dengan 7 personil, melaksanakan sterilisasi di Gereja GPIB SION Km 5 Jahab dan Gereja GPIB Gloria kelurahan Maluhu.

"Pemeriksaan dilakukan di bagian dalam gereja, mulai dari podium, panggung, kursi jemaat, sound system, meja, pohon natal, ruang tamu, instalasi listrik, plafon, lampu hias, tirai dan banner," terang Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar.

Steriliasi juga dilaksanakan Unit Jibom di setiap sudut yang berada di dalam gereja Katolik ST Pius X
Foto: Endi

Sementara sterilisasi di bagian luar meliputi lapangan parkir, saluran air, halaman gereja, pagar, garasi, tempat sampah, toilet, instalasi listrik, lampu luar serta rumah dan kamar. Hasilnya, tidak ditemukan benda yang mencurigakan. 

"Setelah dinyatakan steril, maka setelah itu diamankan anggota Polisi sampai kegiatan perayaan ibadah Natal selesai," ujar Kapolres.

Polres Kukar sendiri menerjunkan 540 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal, termasuk mendirikan pos pelayanan dan pos terpadu di masing-masing gereja. Kapolres pun menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat di wilayah hukumnya.

"Mari kita hargai saudara-saudara kita yang akan melaksanakan perayaan hari Natal dengan sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, itu adalah wujud dari toleransi, dan saya yakin di Indonesia ini negara yang paling tinggi toleransinya." imbuhnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top