Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Polres Kukar Gelar Operasi Lilin Mahakam

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar tinjau pasukan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam
Foto: Endi

Polri bersama segenap jajaran TNI dan stake holders terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Lilin 2018" yang melibatkan 167.783 personel pengamanan. 

"Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019," kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar saat membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam, Jumat (21/12/2018) pagi tadi.

Kapolres menyampaikan, apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini, merupakan momentum penting untu meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Oleh karena itu seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Kapolres Kukar menyematkan pita tanda Operasi Lilin Mahakam kepada perwakilan peserta apel
Foto: Endi

Polri, lanjut Kapolres, telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan moda transportasi baik darat, laut maupun udara, ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta kemacetan lalu lintas.

"Peningkatan kegiatan intensitas masyarakat akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan dan sebagainya," ucapnya. 

Kapolres pun menegaskan, upaya cipta kondisi seperti Operasi Zebra dan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penertiban penyakit masyarakat, miras dan petasan telah dilaksanakan.

Pada apel gelar pasukan ini, Kapolres juga menyematkan pita tanda Operasi Lilin Mahakam kepada perwakilan anggota Satlantas, Kodim 0906/Tenggarong, Dishub dan Satpol PP Kukar, dilanjutkan dengan pemusnahan miras serta narkoba. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top